Bus listrik milik Bukit Asam(Bukit Asam)
Bus listrik milik Bukit Asam(Bukit Asam) ( KOMPAS.COM)

Perusahaan Tambang di Indonesia Mulai Menggunakan Kendaraan Listrik

27 Agustus 2023 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kendaraan berbasis listrik atau hybrid nampaknya mulai dilirik oleh sektor pertambangan Indonesia sebagai kendaraan operasional.

Salah satunya baru-baru PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang menerapkan praktik pertambangan baik (Good Mining Practice) dengan program-program dekarbonisasi. 

Guna mengurangi emisi, PTBA mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik. Saat ini  telah dioperasikan 7 unit shovel listrik (PC3000-6E), 40 unit Hybrid Dump Truck (Belaz-75135), dan 6 Pompa tambang berbasis listrik.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Arsal Ismail mengatakan, PTBA berupaya menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi optimal bagi masyarakat.

"Sejalan dengan visi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan, sekaligus upaya mendukung Pemerintah mencapai target Net Zero Emission pada 2060 atau sebelumnya,"  kata Arsal pada keterangan resmi, Minggu (27/8/2023). 

Penggunaan alat-alat tambang berbasis listrik ini menghasilkan penghematan bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel hingga 7 juta liter per tahun dan mereduksi emisi sebesar 19.777 tCO2e.

Selain itu, PTBA juga  mengoperasikan 5 unit bus listrik di Pelabuhan Tarahan dan 10 unit bus listrik di Unit Pertambangan Tanjung Enim. Penggunaan bus listrik diklaim dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) sampai 9.672 liter pertahun.

"Program-program dekarbonisasi akan terus dilaksanakan dan dikembangkan secara berkelanjutan di setiap lini perusahaan untuk memberikan hasil yang optimal," kata Arsal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perusahaan Tambang di Indonesia Mulai Pakai Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/27/120202815/perusahaan-tambang-di-indonesia-mulai-pakai-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm