Anggota Komisi II DPRD Bangka Belitung, Mansah
Anggota Komisi II DPRD Bangka Belitung, Mansah ( )

Food Estate 42.000 Ha Tak Ada Kabar, DPRD Babel Singgung Lahan Sawah Banyak Tak Terpakai

28 Agustus 2023 15:54 WIB

SonoraBangka.id - Pada November 2022, Pemprov Bangka Belitung menyatakan ada lahan 42.000 hektare untuk food estate atau lumbung pangan.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan lahan seluas 42.000 hektare untuk pengembangan food estate sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai.

Hal itu, disampaikan pada era Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.

Namun hingga saat ini belum diketahui kelanjutnya.

Anggota Komisi II DPRD Bangka BelitungMansah, mengatakan, program itu berasal dari Kementerian Pertahanan.

"Setahu kita bahwa food estate adalah program yang dicanangkan oleh Kementerian Pertahanan yang kemudian ditindak lanjuti oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), untuk penyediaan kawasan hutan. Untuk mendukung program strategis nasional tersebut," jelas Mansah kepada, Bangkapos.com, Senin (28/8/2023).

Sejak wacana ini digulirkan, kata Mansah, khususnya di Bangka Belitung pada 2021 sampai sekarang belum melihat di lapangan.

Terkait kerja-kerja nyata untuk pembangunan program ini. Artinya hanya sebatas wacana semata. 

"Perlu kita ketahui bahwa pengembangan area baru untuk ketahanan pangan perlu mempertimbangkan aspek berkelanjutan. Untuk menjaga kelestarian lingkungan yang direfleksikan oleh berbagai ketentuan, harus dipenuhi sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya. 

Tentunya juga, dikatakan Politikus Nasdem ini, perlu ada Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) terlebih dahulu untuk menjamin pembangunaan yang berkelanjutan kedepannya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm