Ilustrasi batuk di malam hari
Ilustrasi batuk di malam hari ( Shutterstock/EHStockphoto)

Ini Tips Ampuh Mengatasi Batuk, Tiap Mau Tidur di Malam Hari

29 Agustus 2023 10:00 WIB

SonoraBangka.idBatuk di malam hari adalah masalah kesehatan yang dapat mengganggu kenyamanan dan rentan menyebabkan susah tidur.

Batuk adalah salah satu gangguan kesehatan yang cukup menjengkelkan.

Terlebih di malam hari. Gangguan kesehatan yang disebabkan iritasi saluran pernapasan ini kian menjadi dan bikin susah tidur.

Rupanya, ada alasan mengapa batuk kerap kumat di malam hari.

Melansir Everyday Health, batuk kerap kumat di malam hari karena faktor gravitasi.

Saat berbaring, lendir otomatis menggenang di saluran pernapasan, tepatnya di bagian belakang tenggorokan. Hal itu memicu batuk.

Selain itu, udara malam hari di kamar cenderung kering.

Hal itu dapat memperburuk kondisi hidung dan tenggorokan yang kadung teriritasi.

Kendati bikin kesal, kita perlu mengingat, batuk bukanlah penyakit. Melainkan, respons alami tubuh dalam menghadapi iritasi di saluran pernapasan.

Sumber iritasi ini bisa berupa debu, alergen, polusi, sampai asap. Dengan kata lain, batuk merupakan proses yang membantu tubuh sembuh menghadapi infeksi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm