Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Jojo Sutarjo.
Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Jojo Sutarjo. ( Bangkapos/Riki Pratam )

Terkait Seringnya Karhutla, Polda Babel Ingatkan Ada Sanksi Hukum Lakukan Pembakaran Secara Sengaja

30 Agustus 2023 16:56 WIB

SonoraBangka.id - Akhir-akhir ini, di beberapa tempat di Bangka Belitung sering terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Polda jajaran mendapatkan instruksi untuk dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing-masing. 

Ini dilakukan, menyusul banyaknya kejadian karhutla yang terjadi di sejumlah wilayah di Bangka Belitung.

Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol, Jojo Sutarjo, mengajak semua masyarakat untuk menjaga hutan dan lahan, agar terhindar dari aktivitas pembakaran secara sembarangan.

"Kita sama sama menjaga, karena saat musim kekeringan sejumlah daerah rawan terjadi kebakaran lahan. Sehingga mari kita jaga dan ingatkan jangan sampai merembet,"kata Jojo Sutarjo kepada Bangkapos.com, Rabu (30/8/2023) di tempat kerjanya.

Jojo mengatakan, satu Minggu terakhir ini, banyak terjadi kebakaran lahan disejumlah daerah. Sehingga polisi diminta untuk mewaspadai dan mengingatkan semua jajaran terkait dapat pembakaran hutan dan lahan.

"Kita lihat satu Minggu ke belakang kebakaran lahan banyak terjadi. Mulai dari area lahan di lintas timur terjadi kebakaran, sepanjang jalan kiri dan kanan. Kemarin juga di Bangka Selatan terjadi kebaran lahan dan pada saat kendaraan damkar menuju TKP terjadi laka lantas," jelasnya.

Terkait upaya pencegahan, agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Bangka Belitung.

Dikatakan Jojo,pihaknya telah meminta Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi.

"Melalui Bhabinkamtibmas kita melakukan sosialisasi dan imbauan menggunakan spanduk, baleho di tempat tertentu. Supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena apabila membakar hutan dan lahan ada ancaman hukumanya," jelas Jojo. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm