Kebakaran lahan yang terjadi di kawasan pintu masuk pantai wisata Pasir Padi Kota Pangkalpinang, Selasa (29/8/2023) pagi
Kebakaran lahan yang terjadi di kawasan pintu masuk pantai wisata Pasir Padi Kota Pangkalpinang, Selasa (29/8/2023) pagi ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah )

Pemkot Pangkalpinang Siagakan Lima Armada Damkar untuk Cegah Karhutla

30 Agustus 2023 17:48 WIB

SonoraBangka.id - Sekarang ini, di saat puncak musim kemarau sering kali terjadi kebakaran hutan di Bangka Belitung.

Bahkan berdasarkan informasi BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdata sekitar 400 hektar lahan di Bangka Belitung berbakar selama musim kemarau.

Di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang sendiri menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) dan Damkar kota Pangkalpinang Efran, hingga kini total kebakaran selama bulan Agustus di Kota Pangkalpinang sudah terjadi sebanyak 26 kali.

Dengan rincian 21 kali kebakaran hutan dan lahan, dan 5 kali kebakaran rumah atau ruko.

Diakui Efran, kebakaran hutan dan lahan ini didominasi di kawasan Kecamatan Bukit Intan.

"Dengan hari ini yang barusan terjadi kebakaran di kawasan pantai Pasir Padi jadi total kebakaran lahan di Pangkalpinang sudah 21 kali. Dan memang didominasi di daerah Bukit Intan, kawasan ini memang masih banyak hutan dan lahan tidur atau tidak digunakan," ungkap Efran kepada Bangkapos.com, Selasa (29/8/2023) kemarin. 

Menurut Efran, pihaknya kini selalu mensiagakan tim Pemadam Kebakaran 24 jam. Mengingat pada musim ini kebakaran memang kerap terjadi.

"Apabila masyarakat membutuhkan bantuan kami atau terjadi kebakaran segera menginformasikan kepada kami melalui call center 0811-7111-182. Saat ini tim pemadam kebakaran kami siaga terus, karena kebakaran ini tidak tahu kita bisa kapan saja terjadi," ingat Efran. 

Ganggu Aktivitas Penerbangan 

Sementara, Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa mengaku, khawatir jika kebakaran terus terjadi di kawasan Kecamatan Bukit Intan akan mengganggu aktivitas penerbangan.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm