Ilustrasi buah-buahan.
Ilustrasi buah-buahan. ( SHUTTERSTOCK/baibaz))

Ada Buah hingga Sayuran, Berikut 5 Makanan untuk Redakan Jerawat

31 Agustus 2023 07:56 WIB

SonoraBangka.id - Sedang mengalami jerawat meradang di wajah? Kamu bisa mengatasinya dengan perawatan wajah dari luar dengan treatment atau pemakaian skincare yang dianjurkan. Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan cara untuk mengurangi jerawat yang meradang di wajah dengan mengonsumsi asupan makanan bergizi tinggi. Dilansir dari laman NDTV dan Healthline, simak lima makanan utama yang bisa kamu konsumsi saat mengalami jerawat meradang di wajah. 

1. Lemon

Buah lemon bisa bekerja sebagai astringen alami yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit yang kendur dan menyamarkan noda di wajah. Selain melakukan perawatan wajah yang tepat, mengonsumsi lemon secara rutin juga bisa melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Itulah mengapa, lemon banyak ditambahkan ke dalam salad untuk menu diet. Dalam laman Heathline menyebutkan kalau lemon bisa meningkatkan profuksi kolagen dan mencerahkan bekas jerawat.

2. Bawang putih

Salah satu makanan yang kaya akan senyawa kimia allicin adalah bawang putih. Kandungan tersebut bisa membasmi kuman dan virus berbahaya. Bawang putih bisa dikonsumsi mentah agar kandungan allicin lebih terasa, ketimbang bawan putih yang dimasak

3. Kembang kol

Jenis sayuran yang satu ini memiliki histidin, kandungan asam amino yang cukup kuat. Histidin bisa menghentikan adanya bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

4. Pepaya

Pepaya mengandung enzim pencernaan yang disebut dengan papain. Kandungan tersebut memiliki khasiat yaitu mengelupaskan sel kulit mati, memudarkan bekas jerawat, dan bisa mencegah jerawat di masa depan. Konsumsi pepaya setiap hari agar manfaat baiknya terasa. Terutama pada kandungan vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan elastisitas kulit.

5. Ubi jalar

Satu kilogram ubi jalar dijual dengan harga mulai dari Rp 10.000. Kamu bisa mengonsumsinya untuk membantu meredakan jerawat. Pasalnya, ubi jalar mengandung retinol yang mana turunan dari vitamin A. Kandungan retinol memiliki manfaat untuk melawan jerawat dan menangkal keriput. Nantinya, setelah mengonsumsi ubi jalar tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A. Vitamin tersebut memiliki sifat sebagai penghalang kulit dari perubahan warna, peradangan, dan pori-pori yang tersumbat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan untuk Redakan Jerawat, Ada Buah hingga Sayuran", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/30/131700075/5-makanan-untuk-redakan-jerawat-ada-buah-hingga-sayuran?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm