Ilustrasi SPBU Pertamina.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO)
Ilustrasi SPBU Pertamina.(KOMPAS/HERU SRI KUMORO) ( KOMPAS.COM)

Perubahan Untuk Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Sebatas Usulan

31 Agustus 2023 20:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Pertamina (Persero) saat ini tengah melakukan pengkajian untuk meningkatkan kadar oktan BBM Subsidi Research Octane Number (RON) 90 menjadi RON 92.

Hal tersebut dilakukan dengan mencampur Pertalite dengan Ethanol 7 persen sehingga menjadi Pertamax Green 92.

Kendati demikian, kajian yang dinamakan Program Langit Biru Tahap II itu masih dilakukan secara internal dan belum diputuskan.

“Program tersebut merupakan hasil kajian internal Pertamina, belum ada keputusan apapun dari pemerintah. Tentu ini akan kami usulkan dan akan kami bahas lebih lanjut,” ucap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, dalam keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

Nicke melanjutkan, kalau nanti usulan tersebut dapat dibahas dan menjadi program pemerintah, harganya pun akan diatur oleh pemerintah.

“Tidak mungkin Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) harganya diserahkan ke pasar karena ada mekanisme subsidi dan kompensasi di dalamnya,” kata Nicke.

Menurut Nicke, kajian tersebut dilakukan untuk menghasilkan kualitas BBM yang lebih baik, karena bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih tinggi tentu akan semakin ramah lingkungan.

“Kalau misalnya dengan harga yang sama, tapi masyarakat mendapatkan yang lebih baik, dengan octan number lebih baik, sehingga untuk mesin juga lebih baik, emisi juga bisa menurun. Namun ini baru usulan sehingga tidak untuk menjadi perdebatan,” ujar Nicke.

Nicke juga menegaskan, Program Langit Biru Tahap II ini masih merupakan kajian internal di Pertamina.

“Untuk implementasinya, akan diusulkan kepada pemerintah, dan nantinya akan jadi kewenangan pemerintah untuk memutuskan,” ucap Nicke.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perubahan Pertalite Jadi Pertamax Green 92 Masih Sebatas Usulan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/31/112200515/perubahan-pertalite-jadi-pertamax-green-92-masih-sebatas-usulan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm