Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN, sudah mendukung fast charging CCS-2(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN, sudah mendukung fast charging CCS-2(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Upaya PLN Untuk Mendukung Program Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik

31 Agustus 2023 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN (Persero) mendukung kebijakan hilirisasi untuk mewujudkan ekosistem industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Tanah Air.

Dukungan tersebut ditunjukkan dengan upaya perseroan untuk menyiapkan pasokan listrik dan infrastruktur pendukungnya seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

"Arahan dari Pak Presiden adalah mengubah dari energi impor menjadi domestik, dari energi mahal menjadi murah, dan energi yang emisi karbonnya tinggi menjadi energi emisi karbon rendah," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

"Untuk itu, kami di PLN siap menjalankan arahan Presiden untuk mendukung tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik," lanjutnya.

Sementara Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menyatakan, dukungan penuh itu diwujudkan dengan memastikan keandalan pasokan listrik.

Lalu, menyiapkan infrastruktur pendukung kendaraan listrik serta melalui kolaborasi dengan para original equipment manufacturer (OEM) kendaraan listrik roda dua, membangun ekosistem baterai di Indonesia.

"Saat ini, sistem PLN siap untuk mendukung, pasokan listriknya cukup sehingga kami sangat siap untuk support ekosistem ini," ucap Edi.

Untuk infrastruktur pendukung kendaraan listrik, Edi menyampaikan PLN akan menambah jumlah SPKLU di Indonesia menjadi 1.715 pada 2023. Dalam penambahan tersebut, PLN akan berkolaborasi dan bermitra dengan sejumlah pihak.

"Dari 620 SPKLU yang ada, akan kami tambah menjadi 1.715 di tahun ini yang tersebar di seluruh Indonesia. Rencananya ada yang punya PLN sendiri, ada beberapa yang akan bermitra dengan pihak lain," ungkap Edi.

Ia menjelaskan kemitraan tersebut dibutuhkan karena PLN memiliki keterbatasan lahan yang strategis dalam penambahan SPKLU. Oleh karena itu, kata dia, PLN juga mengajak berbagai pihak untuk ikut mendukung penambahan infrastruktur kendaraan listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm