Ilustrasi tempe kemul khas Wonosobo.
Ilustrasi tempe kemul khas Wonosobo. ( Dok. Shutterstock/Praditya Hasni Rachman)

Balut dengan Tepung, Berikut Ini Cara Membuat Tempe Kemul

4 September 2023 14:34 WIB

SonoraBangka.id - Tempe kemul adalah makanan khas Wonosobo, kemul artinya selimut. Tempe iris ini dibalut dengan adonan tepung terigu dan sagu atau kanji, lalu dicampur daun kucai. Umumnya, adonan tepung diberi kunyit agar warna akhir tempe kemul kuning. Di samping itu, tempe kemul umumnya digoreng sampai garing.

Berbeda dengan tempe mendoan yang digoreng setengah matang. Resep tempe kemul dari buku "Aroma Rasa Kuliner Indonesia - Lauk Gorengan" karya Lilly T. Erwin terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli di Gramedia.com tidak menggunakan kunyit dan digoreng setengah matang. Namun, kamu dapat menggubah resep tersebut. Jika mau, tambahkan kunyit bubuk pada adonan tepung. Selanjutnya, goreng tempe kemul sampai renyah.

Resep tempe kemul

Bahan tempe kemul

500 gram tempe, iris tipis bentuk segi empat jadi 10 potong

250 gram tepung terigu

250 ml air

25 gram tepung sagu

Minyak secukupnya untuk menggoreng

50 gram kucai iris

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm