Test Drive Mazda 2 Sedan(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Test Drive Mazda 2 Sedan(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Mobil Terasa Mundur Sendiri Saat Berhenti, Begini Untuk Penjelasannya

4 September 2023 15:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat mengendarai mobil, sebagian orang pernah merasakan mobil terasa mundur sendiri. Padahal, kondisi mobil saat itu sedang berhenti, kaki lagi injak pedal rem. Ternyata, ada penjelasannya secara ilmiah.

Mobil yang terasa mundur sendiri sering kali dirasakan oleh sebagian pengemudi saat sedang di lampu merah atau di kemacetan. Padahal, mobil lainnya yang melaju ke depan.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, pernah juga mengalami kejadian tersebut. Tapi, setelah mempelajari defensive driving, ada beberapa kebiasaan yang diubah.

"Saya selalu injak pedal rem ketika mobil berhenti (mesin hidup), sekalipun parking brake diaktifkan," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Sony menambahkan, ketika parkir, maka mobil selalu dalam posisi seri, rem tangan atau rem parkir diaktifkan, kondisi mesin mati, dan untuk mobil manual, posisi transmisi ada di gigi satu.

"Fokusnya tidak dengan smartphone melulu, selingi dengan lihat sekeliling, dan jangan terlalu dekat lihat HP-nya. Sehingga, kalau ada yang ganjil atau aneh tidak hilang orientasi," kata Sony.

Dikutip dari Alodokter.com, Senin (4/9/2023), dr. Nadia Nurotul Fuadah, mengatakan, ada beberapa kemungkinan penyebab kondisi tersebut terjadi.

"Kurang fokus, seperti akibat kurang tidur, belum makan, sedang sedih atau stres. Vertigo (pusing hebat dan berputar yang terjadi karena gangguan pada pusat keseimbangan di otak atau telinga dalam)," ujarnya.

"Gangguan psikis, misalnya gangguan stress pasca trauma, gangguan depresi, gangguan kecemasan, gangguan psikosomatis, skizofrenia. Faktor lain, seperti gangguan mata, migrain, pengaruh obat, alkoholisme, anemia, dehidrasi, hipotensi, hipoglikemia, gangguan jantung, dan sebagainya," kata Nadia.

Nadia menambahkan, agar konsentrasi tetap terjaga, biasakan tidur lebih awal dan lebih teratur (6-9 jam sehari), jangan terlambat makan, variasikan nilai gizi dalam makanan agar seimbang, minum yang banyak, kurangi dulu kegiatan fisik yang melelahkan, bijak mengelola stres dan emosi, rajin berolahraga, perbanyak relaksasi, dan jauhi alkohol serta narkoba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Terasa Mundur Sendiri Saat Berhenti, Begini Penjelasannya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/04/072200915/mobil-terasa-mundur-sendiri-saat-berhenti-begini-penjelasannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm