Pebalap Ducato, Francesco Bagnaia, mendapat pertolongan medis setelah mengalami kecelakaan highside pada MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (3/9/2023) malam WIB. (Photo by LLUIS GENE / AFP)(AFP/LLUIS GENE)
Pebalap Ducato, Francesco Bagnaia, mendapat pertolongan medis setelah mengalami kecelakaan highside pada MotoGP Catalunya 2023 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Minggu (3/9/2023) malam WIB. (Photo by LLUIS GENE / AFP)(AFP/LLUIS GENE) ( KOMPAS.COM)

Kecelakaan dan Terlindas, Bagnaia Beruntung Hanya Alami Cedera Ringan

4 September 2023 18:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pebalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mengalami cedera ringan usai kecelakaan di MotoGP Catalunya, Minggu (3/9/2023).

Seperti diketahui, gelaran GP Catalunya diwarnai insiden kecelakaan. Pada awal tikungan beberapa pebalap terjatuh, yakni Alex Marquez, Enea Bastianini, Johann Zarco, Fabio Di Giannantonio, dan Marco Bezzecchi.

Pecco, sapaan Bagnaia, pada saat itu lolos dari kecelakaan, tapi ia mengalami highside di tikungan ketiga dan terjatuh dari sepeda motor. Saat mendarat, kakinya dihantam oleh pebalap KTM Brad Binder.

Tim Ducati telah mengkonfirmasi bahwa rider andalannya itu hanya mendapatkan cedera ringan tanpa adanya patah tulang.

Usai kecelakaan itu, Pecco mengakui bahwa dirinya sangat beruntung. Hal ini memang perlu disyukuri, mengingat rekan setimnya Enea Bastianini harus mengalami retak tulang usai kecelakaan beruntun yang terjadi di tikungan pertama.

“Saya sangat beruntung hari ini, sungguh sangat beruntung! Saya benar-benar harus berterima kasih, dan terkadang Anda memang harus beruntung,” ucap Pecco, dikutip dari Speedweek, Senin (4/9/2023).

Pecco menjelaskan, ia tidak mengetahui secara pasti penyebab dari highside yang dialaminya. Namun menurut pebalap berusia 26 tahun itu, ada sedikit masalah pada rem di bagian belakang.

“Saat ini sangat sulit bagi saya untuk mengatakan apa yang terjadi. Tentu saja itu bukan kecelakaan biasa. Bahkan pada lap pemanasan, cengkeraman di bagian belakang tidak normal,” kata Pecco.

Pecco mengatakan, saat ini dirinya tengah berfokus untuk pemulihan agar bisa kembali bertanding di lintasan pada seri ke-12 MotoGP San Marino 10 September 2023 mendatang.

“Kami sekarang akan melakukan semua yang kami bisa agar kami bisa berada di Misano. Tentunya saya akan berusaha tampil baik di sana,” ujar Pecco.

Walau tidak dapat menyelesaikan balapan GP Catalunya, Bagnaia masih kokoh berdiri di puncak klasemen dengan raihan 260 poin. Sementara di posisi kedua dihuni oleh Jorge Martin dengan total 210 poin, dan ketiga Marco Bezzecchi 189 poin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kecelakaan dan Terlindas, Bagnaia Beruntung Hanya Cedera Ringan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/04/144100015/kecelakaan-dan-terlindas-bagnaia-beruntung-hanya-cedera-ringan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm