Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.(KOMPAS.com/Gilang)
Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Memiliki AC Mobil Dingin Belum Tentu Bersih

6 September 2023 19:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Harus diakui mayoritas pemilik mobil tidak fokus dalam merawat AC mobil. Perawatan biasanya hanya dilakukan di bengkel resmi saat servis berkala, dan datang ke bengkel saat AC tidak dingin.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, merawat AC pada saat servis berkala tidak salah, tapi lebih baik lagi cek AC secara rutin.

"Rawat di bengkel resmi, cuma bengkel resmi dalam tanda kutip itu penuh, dan cepat-cepat yang membuat mereka mungkin tidak fokus, karena lebih fokus pada servis berkala, mesin dan kaki," kata Yudho kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023).

Yudho mengatakan, yang tidak disadari banyak orang ialah AC saat ini semakin penting saat mengemudi. Sama pentingnya dengan kinerja mesin mobil itu sendiri.

"Percaya tidak, mobil enak itu asal mesin tidak mogok dan AC dingin, dua itu saja. AC itu penting, coba bawa anak kecil AC tidak dingin, pasti rewel," kata dia.

Yudho mengatakan, sebagai pembuat AC menu servis AC di Denso dan bengkel resmi mungkin berbeda. Pengecekan AC di Denso punya kelipatan per 10.000 Km, per 20.000 Km, dan per 40.000 Km untuk memastikan kinerja AC tetap baik.

Tapi mudahnya, pemilik mobil bisa mengecek AC setiap enam bulan sekali.

"Cek di sini gratis. Biasanya yang dicek ialah tekanan, filter kabin itu mesti dilihat kotor atau tidak dan mesti dilihat ada kebocoran atau tidak," ujarnya.

Yudho menyebut perawatan AC mudah tapi mesti rutin. Kemudian bagian-bagian yang dicek juga pada dasarnya "basik" bukan sesuatu yang rumit untuk dipahami oleh pemilik mobil.

"Kalau kita jaga kebersihan interior kita tidak terlalu jorok pasti awet. Kalau jorok banget mesti dibersihkan dulu," katanya.

"Bahasanya itu AC dingin belum tentu sehat karena kumannya banyak. Tapi kalau AC sehat sudah pasti dingin, makanya di cek tiap enam bulan, filter kabin bagus, evaporator bersih, makanya beberapa tips kami berikan kepada pelanggan," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Punya AC Mobil Dingin Belum Tentu Bersih", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/102200215/punya-ac-mobil-dingin-belum-tentu-bersih.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm