Pembalap Jonathan Rea disambut fans saat menuju parc ferme (tempat parkir khusus pembalap yang naik podium) usai Race 1 World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022) sore.(KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU)
Pembalap Jonathan Rea disambut fans saat menuju parc ferme (tempat parkir khusus pembalap yang naik podium) usai Race 1 World Superbike 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (12/11/2022) sore.(KOMPAS.COM/SUCI RAHAYU) ( KOMPAS.COM)

Tidak Lagi Juara WorldSBK, Rea Tinggalkan Kawasaki Gabung ke Yamaha

6 September 2023 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jonathan Rea sukses meraih enam kali juara dunia World Superbike (WorldSBK) enam kali berturut-turut bersama Kawasaki. Tapi, dua musim belakangan ini dia tidak lagi juara dan memutuskan untuk pindah tim mulai musim depan.

Rea resmi akan meninggalkan Kawasaki demi Yamaha. Pebalap asal Inggris ini sudah menandatangani kontrak dengan tim PATA Yamaha WSBK.

Rea akan menggantikan Toprak Razgatlioglu. Juara dunia WorldSBK 2021 tersebut meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan BMW mulai musim depan.

Eric de Seynes, Presiden dan CEO Yamaha Motor Europe, mengatakan, pihaknya sangat senang menyambut Rea dalam keluarga Yamaha. Selain itu, Yamaha juga sangat termotivasi untuk ke depannya.

"Kami memiliki motivasi yang sama untuk menang, hasrat yang sama untuk WorldSBK. Sama seperti dirinya, kami pernah menjadi juara dunia dan kami ingin kembali ke atas sekali lagi," ujar Eric, dikutip dari Motorsport.com, Rabu (6/9/2023).

Eric mengatakan, Yamaha akan bekerja keras supaya bisa memberikan apa yang Rea butuhkan untuk mencapai target di musim 2024 dan 2025.

Rea dikabarkan frustrasi dengan kondisinya Kawasaki Ninja ZX-10RR yang tak kunjung kompetitif. Sejak musim lalu hingga sekarang, Rea cukup jarang berdiri di puncak podium.

Dibandingkan dengan Kawasaki, Yamaha masih lebih kompetitif dengan Toprak saat ini berada di peringkat kedua pada klasemen sementara.

Sementara Rea, ada di peringkat ketiga. Puncak klasemen sementara saat ini ditempati oleh pebalap Ducati, yakni Alvaro Bautista.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Lagi Juara WorldSBK, Rea Tinggalkan Kawasaki Pindah ke Yamaha", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/06/190100315/tidak-lagi-juara-worldsbk-rea-tinggalkan-kawasaki-pindah-ke-yamaha.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm