Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau persediaan beras di Gudang Bulog di Sunter, Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023).
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau persediaan beras di Gudang Bulog di Sunter, Kelapa Gading, Jakarta, Senin (11/9/2023). ( Dok. Mendag Zulkifli Hasan)

Presiden Joko Widodo Cek Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Aman

11 September 2023 17:23 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan stok beras aman. Hal tersebut diungkapkannya saat meninjau Gudang Beras Perum Bulog di Dramaga, Bogor, Senin (11/9/2023).

"Ini semua negara sedang mengalami kekeringan, El Nino, termasuk Indonesia. Oleh sebab itu, kita datang ke gudang-gudang Bulog untuk memastikan stok ada, barangnya ada, berasnya ada," ujar Jokowi.

Dari hasil pengecekan tersebut, Jokowi mengungkapkan, stok beras Bulog saat ini tercatat 1,6 juta ton. Cadangan Beras Pemerintah (CBP) akan terus ditingkatkan melalui penyerapan beras dalam negeri dan juga pengadaan dari luar, dan sebanyak 400.000 ton akan masuk dalam waktu dekat.

"Stok beras yang ada di Bulog ada 1,6 juta ton, dalam perjalanan ada 400.000 ton, sehingga akan ada stok 2 juta. Biasanya stok normal 1,2 juta ton, sehingga kita tidak usah khawatir, stok cukup," kata Jokowi.

Selain mengunjungi gudang Bulog Dramaga, Presiden juga melakukan kunjungan ke gudang Bulog Kelapa Gading dan meninjau penyaluran Cadangan Beras Pemerintah (CBP) untuk Bantuan Pangan.

Dalam kunjungan tersebut, selain memastikan stok beras, Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah Menteri dan Kepala Lembaga itu juga memastikan bantuan pangan beras berjalan dengan baik.

"Oleh sebab itu mulai September ini, saya perintahkan untuk berikan bantuan pangan beras, setiap bulan 210.000 ton dikeluarkan oleh Bulog, dan akan terus Oktober dan November," ujar Jokowi.

Sementara itu Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, stok beras yang saat ini mencapai 1,6 juta ton aman disimpan di Bulog selain digunakan untuk penyaluran bantuan pangan, juga untuk langkah intervensi Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP). Sampai saat ini, total penyaluran baik untuk bantuan pangan maupun untuk SPHP mencapai 1,45 juta ton.

"Dalam kondisi apapun, kita harus punya stok CBP yang mumpuni dan untuk pemenuhan stok tersebut, prioritasnya berasal dari ketersediaan produksi dalam negeri,” ujar Arief.

Lebih lanjut, Arief mengimbau masyarakat agar tidak khawatir berlebihan kekurangan stok beras di Tanah Air. Masyarakat diminta tetap tenang dikarenakan pemerintah memastikan stok beras nasional tersedia, aman, dan cukup.

“Pemerintah meminta masyarakat tidak perlu khawatir karena stok beras kita tersedia, aman, dan cukup. Mari kita selalu terapkan belanja bijak, dengan berbelanja sesuai kebutuhan, akan menjaga tren demand dan harga tidak akan bergejolak di pasar,” pungkas Arief.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden Joko Widodo Cek Gudang Bulog, Pastikan Stok Beras Aman", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/09/11/160513526/presiden-joko-widodo-cek-gudang-bulog-pastikan-stok-beras-aman.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm