Ilustrasi timbangan digital untuk menakar berat bahan makanan.
Ilustrasi timbangan digital untuk menakar berat bahan makanan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Gus Gan)

Jangan Asal Pilih Desain, Berikut 5 Cara Pilih Timbangan Digital

13 September 2023 15:12 WIB

SonoraBangka.id -  Timbangan digital merupakan alat pengukur berat yang menggunakan teknologi digital. Timbangan digital biasa memiliki layar LCD dengan tampilan angka secara digital yang akurat dalam pengukuran.

Jika kamu tertarik untuk membelinya, coba ikuti penjelasan seputar tips membeli timbangan digital. Jangan hanya liat dari desainnya saja.

1. Carilah akurasi timbangan yang presisi

Dilansir dari laman Home Explained, pilih timbangan digital yang memiliki akurasi yang tinggi. Kamu bisa mencoba timbangan sebelum membeli untuk melihat keakuratan dalam pengukuran bahan. Jangan ragu untuk mencoba dan menguji tingkat akurasi dari timbangan.

2. Tampilan layar dan baterai

Beberapa timbangan digital menggunakan baterai lithium coin yang sering kali cepat habis. Oleh karena itu, beli timbang dengan baterai tabung seperti AA+ atau AAA+. Selain itu, timbangan digital juga biasanya menampilkan waktu. Walau fitur tersebut cukup membantu untuk mengingatkan waktu. Namun, pastikan kamu mematikan timbangan agar konsumsi baterai tidak cepat habis.

3. Pilih timbangan digital dengan fitur Auto Off

Auto off merupakan fitur yang juga biasanya ada di timbangan digital untuk menghemat baterai. Kamu bisa pilih timbangan dengan fitur ini kemudian atur timbangan akan mati otomatis, jika tidak digunakan selama 5 menit.

4. Tombol tara

Pastikan timbangan digital memiliki tombol tara untuk mengatur ulang tampilan kembali ke angka 0. Fungsi ini cukup berguna, jika kamu akan mengukur bahan tanpa wadah.

5. Pilih wadah timbangan sesuai kebutuhan

Ditambahkan dari laman The Spruce Eats, pilih timbangan dengan wadah pengukur sesuai kebutuhan. Jika kamu lebih banyak menggunakan timbangan untuk bahan di bawah satu kilogram, sebaiknya pilih yang kecil. Begitu sebaliknya, jika kamu memerlukan timbangan dengan berat hingga 10 kilogram maka pilih yang besar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Pilih Timbangan Digital, Jangan Asal Pilih Desain", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/13/131700975/5-cara-pilih-timbangan-digital-jangan-asal-pilih-desain.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm