Ilustrasi
Ilustrasi ( Shutterstock)

Dapat Transferan dan Diteror Sebar Data Pribadi, Walau Tak Pinjam Uang di Pinjol, Apa Yang Harus Dilakukan?

16 September 2023 09:43 WIB

SonoraBangka.id - Jika berbicara soal pinjol ilegal memang tidak ada habisnya.

Ada saja masalah yang muncul jika terkait dengan pinjol ilegal.

Salah satu kasus yang banyak terjadi adalah pinjol ilegal tiba-tiba mentransfer sejumlah uang tanpa kesepakatan pada konsumen, dan kemudian melakukan teror sebar data pribadi konsumen.

Paling tidak hal ini dialami oleh 2 orang Sahabat NOVA yang curhat melalui kolom komentar YouTube NOVA.

“Tidak merasa minjam tiba2 dapet tf dan 2 hari kmudian dapet chat WA dengan nada mengancam sebar data, stiap hari saya d chat WA kaya gini,” tulis @posdimngops5015.

“Ini saya juga ngalamin di apk PINJAM UANG. Saya gk ngerasa pencet pinjam tiba” ada uang masuk ke rekening dan bungganya sampek 1,4jt. Ini saya baru laporan ke OJK katanya kalau pinjol ilegal gk bisa berbuat apa". Terus saya ke polres buat konsultasi, katanya suruh dibiarkan saja. Soalnya kita gk dirugikan, kalau mau ya dilaporkan pencemaran nama baik karena sudah sebar data. Tapi selama kita gk risih sama teror mereka ya suruh dibiarkan saja / ganti no sama email sudah aman. Kata pak pol mereka gk bakal lapor ke polisi soalnya mereka juga ilegal. Semoga sedikit membantu,” tulis pengguna lain di akun @user-tq9qc6jw3t.

Yap, saat mengalami hal serupa masih banyak dari kita yang bingung bagaimana mengatasi pinjol yang sebar data.

Jika kasusnya seperti di atas, yang tiba-tiba ditransfer, maka jangan gunakan uang itu dan segera kembalikan ketika ancaman mulai datang.

Simpan bukti transfer dan chat pihak pinjol ilegal untuk menjadi bukti pada kepolisian jika terjadi penyebaran data pribadi.

Kalau pihak pinjol ilegal masih saja mengancam dan meneror, kita bisa langsung melaporkannya ke pihak berwajib. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm