Telur tidak boleh dicuci karena bisa menyebabkan bakteri lebih mudah masuk.
Telur tidak boleh dicuci karena bisa menyebabkan bakteri lebih mudah masuk. ( SHUTTERSTOCK/Bigc Studio)

Jangan Dicuci, Berikut Ini 2 Cara Masak Pakai Telur yang Benar

16 September 2023 19:45 WIB

SonoraBangka.id -  Jangan asal menggunakan telur untuk memasak. Pastikan kamu sudah memilih telur yang segar dan mengolahnya dengan tepat. Kesalahan memasak dengan telur bisa menyebabkan makanan terasa tidak nikmat hingga membuat kue tidak mengembang. Coba simak dan ikuti tips memasak dengan telur yang dibagikan oleh Ami, Chef Modena sekaligus 1st Runner-up MasterChef Indonesia musim 10 berikut ini.

1. Pakai telur segar

Telur segar dan telur suhu ruang dinilai paling bagus digunakan untuk membuat makanan, khususnya kue. "Kadang kalau telurnya tidak segar, kuning telurnya gampang pecah," tutur Ami saat ditemui media usai acara memasak Kopi Kenangan X Modena di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Telur yang disimpan terlalu lama di kulkas membuat bagian kuning dan putihnya bercampur sehingga sulit dipisahkan. Cara memilih telur segar bisa dilihat dari bunyinya. Bila suara telur mirip air saat dikocok, artinya telur sudah tidak segar. Telur yang masih terasa berat saat dikocok membuktikan bahwa telur tersebut masih segar.

2. Jangan cuci telur

Ami menyarankan untuk tidak mencuci telur untuk memastikan keamanan konsumsi bahan makanan ini. "Kalau dicuci, telur itu kan ada lapisannya sendiri, itu gampang dikikis dan menjadi lebih cepat," kata Ami. Lapisan telur yang semakin tipis membuat bakteri cepat masuk dan menyerap ke dalam telur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Masak Pakai Telur yang Benar, Jangan Dicuci", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/16/150300275/2-cara-masak-pakai-telur-yang-benar-jangan-dicuci.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm