Ilustrasi daun kemangi. Efek samping kemangi.(SHUTTERSTOCK/NBLX)
Ilustrasi daun kemangi. Efek samping kemangi.(SHUTTERSTOCK/NBLX) ( KOMPAS.COM)

4 Efek Samping Kemangi, Bisa Pengaruhi Gula Darah serta Tekanan Darah

16 September 2023 21:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kemangi merupakan tanaman beraroma harum yang daunnya kerap menemani sejumlah kuliner atau sajian Nusantara sebagai lalapan.

Selain populer sebagai pelengkap makanan, daun kemangi juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari laman Universitas Brawijaya, kemangi terbukti memiliki sifat antioksidan, antikanker, antimikrobia, dan analgesik atau penghilang nyeri.

Daun tanaman bernama ilmiah Ocimum sanctum ini mengandung saponin, flavonoid, serta tanin.

Konsumsi jus daun kemangi segar juga membantu mengobati demam kronis, serta disentri atau peradangan dan infeksi pada usus.

Bukan cuma itu, manfaat daun ini termasuk meredakan pendarahan, serta dispepsia atau gangguan pencernaan seperti kembung atau mual.

Lantas, adakah efek samping kemangi?

Efek samping kemangi

Daun kemangi umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah kecil. Tapi, beberapa tindakan pencegahan perlu dilakukan jika seseorang mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut sejumlah efek samping mengonsumsi daun kemangi:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm