Tim Peti Polres Bangka menertibkan tambang ilegal di halaman rumah atau pinggir Jalan Raya Jalan Pramuka Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka Selasa (1/8/2023
Tim Peti Polres Bangka menertibkan tambang ilegal di halaman rumah atau pinggir Jalan Raya Jalan Pramuka Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka Selasa (1/8/2023 ( Bangkapos.com/Deddy Marjaya )

Bangka Belitung Terancam Krisis Pada 2040, 83 Penambang Termasuk 13 Anak Tewas karena Tambang Timah

19 September 2023 08:16 WIB

SonoraBangka.id - Hingga kini, sebanyak 83 orang dan termasuk 13 anak-anak dinyatakan tewas terkait aktivitas tambang timah di Bangka Belitung.

Jumlah warga tewas ini adalah yang tercatat sejak 2019 sampai dengan 2023.

Demikian catatan Walhi Bangka Belitung.

Walhi Babel menyebut, jika rentang waktunya diperpanjang menjadi pasca-reformasi pada 1998, maka jumlah warga yang tewas bisa mencapai ratusan korban.

Adapun 13 anak yang tewas menurut data Walhi Babel di atas adalah mereka yang tenggelam di kulong atau lubang eks penambangan timah.

Menurut Walhi, tingginya korban jiwa ini membuktikan bahwa masyarakat di Kepulauan Bangka Belitung tidak memiliki pengetahuan dalam menambang timah.

Walhi menyebutpengetahuan penambangan timah dari para pekerja tambang asal China di masa pemerintahan Hindia Belanda ternyata tidak berlanjut di masa pemerintahan Indonesia.

Selain itu, selama dua generasi, masyarakat dilarang melakukan penambangan timah dan ini berdampak tidak tumbuhnya tradisi bersama untuk memahami teknologi dan pengetahuan keselamatan kerja dalam menambang timah di masyarakat [rakyat].

Kerusakan Alam 

Berdasarkan monitoring Walhi Kepulauan Bangka Belitung, aktivitas pertambangan timah juga menyebabkan kerusakan wilayah hutan, lahan basah (sungai, rawa dan mangrove], serta laut, beserta ekosistemnya.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm