Garlic butter terbuat dari mentega dan tumis bawang putih.
Garlic butter terbuat dari mentega dan tumis bawang putih. ( SHUTTERSTOCK/RUKXSTOCKPHOTO)

Saus Serbaguna Bikin Masakan Lebih Sedap, Berikut Resep Garlic Butter

20 September 2023 14:44 WIB

SonoraBangka.id - Garlic butter terbuat dari mentega dan bawang putih cincang yang dimasak sampai bawang matang. Selain mentega dan bawang putih, garlic butter bisa ditambahkan dengan daun rempah seperti daun bawang, peterseli, atau daun dill. Dapat pula diberi lada bubuk atau cabai giling kasar. Penambahan rempah atau bumbu menyesuaikan selera saja.

Menurut Bonappetit.com, sebagian besar resep garlic butter menggunakan satu siung bawang putih untuk sekitar 100 gram mentega. Namun, kamu dapat memakai satu bonggol bawang putih jika suka rasa garlic butter yang lebih tajam dan umami. Selanjutnya, mentega asin lebih baik daripada mentega tawar apabila menginginkan garlic butter yang gurih.

Tak perlu menambahkan garam jika sudah pakai mentega asin. Garlic butter yang sudah suhu ruang, sebaiknya disimpan di dalam wadah tertutup rapat atau dibungkus dengan kertas roti. Lantas, masukkan garlic butter ke dalam kulkas agar tahan sampai seminggu atau simpan di freezer sehingga tahan beberapa bulan.

Saus bawang putih dan mentega ini dapat digunakan untuk beragam masakan seperti olesan roti tawar panggang, bumbu udang atau ayam, saus steak atau pasta, dan bumbu kentang tumbuk atau mi rebus. Sudah siap bikin garlic butter yang serbaguna ini? Simak resep di bawah ini.

Resep garlic butter

Bahan garlic butter

100-115 gram mentega, suhu ruang

1 bonggol bawang putih, kupas, cincang halus

Daun rempah segar, cincang halus (opsional)

Lada bubuk atau cabai giling kasar (opsional)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm