Ilustasi ice americano sebagai salah satu jenis kopi dingin atau cold brew.
Ilustasi ice americano sebagai salah satu jenis kopi dingin atau cold brew. ( FREEPIK/JCOMP)

Takaran Bahan Salah, Berikut 5 Kesalahan Saat Membuat Kopi Cold Brew

26 September 2023 18:09 WIB

SonoraBangka.id -  Cold brew merupakan suatu teknik menyeduh bubuk kopi dengan air dingin kemudian mendiamkannya selama satu malam. Menu kopi cold brew sering kali muncul dan ditawarkan di kafe atau coffee shop di sekitar rumah.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, ada beberapa kesalahan membuat cold brew yang bisa kamu hindari. Dilansir dari laman The Kitchn dan Bon Appetit, simak penjelasan seputar kesalahan umum saat bikin cold brew di rumah. 

1. Menggiling biji kopi terlalu halus

Jika kamu menggunakan biji kopi, maka kamu perlu menggilingnya terlebih dahulu. namun, pastikan untuk tidak melakukan penggilingan terlalu halus agar rasa dari es kopi nikmat. Sebaiknya, giling hanya sampai teksturnya seperti gula kasar kemudian gunakan.

2. Membuat dalam jumlah kecil

Cold brew merupakan teknik menyeduh kopi yang perlu didiamkan selama beberapa saat, mungkin sekitar 18-24 jam. Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuatnya dalam jumlah yang banyak seperti lebih dari dua cangkir minuman. Kopi cold brew bisa bertahan dengan baik di dalam kulkas selama dua minggu.

3. Tidak melakukan perendaman kopi yang lama

Cold brew perlu mendiamkan bubuk kopi dengan air dingin selama belasan jam. Cara ini untuk menghasilkan rasa asam dan pahit melalui ekstraksi dingin. Diamkan selama 18-24 jam secara maksimal sebelum disaring. 

4. Menyaring terlalu cepat

Setelah mendiamkan kopi cold brew selama satu malam, saring dalam kurun waktu sekitar 30 menit. Cara ini agar minuman kopi dingin terasa halus, manis, dan asamnya pas.

5. Takaran bahan yang salah

Dalam laman Bon Appetit, bahan membuat kopi cold brew adalah air dingin dan biji kopi. Ada baiknya untuk menggunakan rasio kedua bahan yang tepat dan ideal. Kamu bisa menggunakan sekitar 113 gram biji kopi untuk empat cangkir air untuk dinikmati sebagai kopi di pagi hari di rumah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kesalahan Saat Membuat Kopi Cold Brew, Takaran Bahan Salah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/26/120300175/5-kesalahan-saat-membuat-kopi-cold-brew-takaran-bahan-salah.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm