Restorasi Vespa klasik(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI)
Restorasi Vespa klasik(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI) ( KOMPAS.COM)

Tips Beli Vespa Klasik, Sebisa Mungkin Cari yang Kondisi Bodinya Utuh

27 September 2023 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Vespa klasik dengan mesin 2 tak saat ini lumayan banyak diminati. Bahkan harga jual bekasnya terus merangkak naik, terlepas dari kondisinya seperti apa.

Bagi yang mau mulai mencari Vespa bekas untuk dipelihara dan direstorasi, ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni kondisi bodinya. Bodi Vespa dibilang krusial saat mau melakukan restorasi.

Ndar, Mekanik dari bengkel Sar, Bengkel Spesialis Vespa di Bogor, menjelaskan, bodi menjadi bagian yang paling sulit ketika proses restorasi.

"Paling sulit kalau bodi sudah hancur. Misal dek jebol, sudah pada bolong, bodi belakang hancur," kata Ndar kepada Kompas.com, Selasa (26/9/2023).

Ndar menjelaskan, jika bahan restorasi sudah banyak bagian yang keropos, tergantung tukang las nantinya. Apakah hasil lasnya bagus atau tidak, menentukan ketika sudah selesai direstorasi.

"Balik lagi ke tukang las yang benar-benar paham. Bisa diselamatkan (kalau bodi bolong), cuma tergantung tukang lasnya," kata Ndar.

Pastikan saat cari Vespa, bodi utuh di bagian dudukan shockbreaker belakang, sudah pernah dilas apa belum. Kalau belum, maka masih bagus, rapi, namun jika sudah pernah dilas, bisa saja kurang presisi.

"Bagian belakang, kalau kurang presisi nantinya jadi agak miring (posisi mesin). Kalau dek bolong kecil-kecil enggak jadi masalah. Tapi kalau sudah besar, harus diganti (deknya)," kata Ndar.

Soal mesin, sebenarnya lebih mudah jika mau diselamatkan daripada bodi. Nantinya bisa sesuai permintaan, mau mesin yang upgrade lebih muda atau dibiarkan orisinal, pasti ada suku cadangnya, beda dengan bodi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Beli Vespa Klasik, Sebisa Mungkin Cari yang Bodinya Utuh", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/27/084200115/tips-beli-vespa-klasik-sebisa-mungkin-cari-yang-bodinya-utuh.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm