Udang adalah pilihan makanan hewani yang efisien untuk menyeimbangkan nutrisi tubuh. Manfaatnya, menyehatkan jantung dan mendukung kehamilan sehat.
Udang adalah pilihan makanan hewani yang efisien untuk menyeimbangkan nutrisi tubuh. Manfaatnya, menyehatkan jantung dan mendukung kehamilan sehat. ( SHUTTERSTOCK/MANASWIPATIL)

Buang Kotorannya, Berikut Ini 7 Cara Masak Udang yang Benar

28 September 2023 07:38 WIB

SonoraBangka.id - Ketahui cara memilih hingga membersihkan udang yang benar sebelum memasaknya. Salah memasak udang bisa membuat rasanya tidak enak dan berbahaya untuk kesehatan. Menurut Toto Sudargo, ahli gizi dari Universitas Gajah Mada (UGM), udang harus dibersihkan dengan benar agar tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Mengonsumsi udang tidak bersih dapat menyebabkan mikroorganisme di dalamnya memicu penyakit tifus, seperti dikutip berita Kompas.com, Selasa (26/9/2023). Dilansir dari All Recipes, simak cara memasak udang yang benar berikut ini.

1. Tentukan jenis udang

Udang saat ini banyak dijual dalam kemasan beku. Kamu bisa membeli jenisnya yang masih segar atau sudah dikemas. Udang beku biasanya sudah dibersihkan sehingga memudahkan proses memasak dalam waktu singkat. Namun, kesegaran udang dapat menambah kenikmatan makanan, baik dari segi tekstur maupun rasanya.

2. Pilih ukuran udang yang dibeli

Ada udang kecil, sedang, besar, hingga jumbo. Setelah memilih jenisnya, kamu dapat menentukan ukuran udang untuk dimasak. Tidak ada ketentuan ukuran udang untuk dimasak, tetapi khusus olahan panggang atau bakaran, sebaiknya pilih udang besar agar terlihat lebih menarik dan tidak cepat matang saat dibakar.

3. Cairkan udang 

Hal pertama yang harus dilakukan setelah membeli udang beku adalah mencairkannya. Kamu bisa memilih satu dari dua opsi berikut ini. Pertama, biarkan udang beku dalam kemasan disimpan di kulkas agar teksturnya melembut perlahan. Bila ingin lebih cepat, tempatkan udang beku dalam kemasan di bawah air mengalir hingga mencair. 

4. Kupas udang dan buang kotorannya

Jangan lupa membersihkan bagian udang yang tidak ikut dimasak sebelum mengolahnya. Misalnya, kepala, ekor, dan punggung atau cangkang udang, tempat di mana kotorannya berada. Membiarkan kotoran udang ikut dimasak akan membuat aroma makanan menjadi tidak sedap, serta meninggalkan tekstur sedikit berpasir dalam hidangan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm