Ilustrasi iced coffee.
Ilustrasi iced coffee. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Stefan Csontos)

Sekilas Tampilannya Mirip, Apa Perbedaan Iced coffee and Cold Brew ?

1 Oktober 2023 14:42 WIB

SonoraBangka.id - Sedang gemar menikmati secangkir kopi atau segelas kopi dingin? Ada beberapa nama jenis menu kopi yang biasa ada di kafe.  Jika kamu berkunjung ke cafe favoritmu, bisa jadi kamu sering melihat dua menu kopi ini.

Iced coffee and cold brew. Sekilas keduanya memiliki tampilan yang mirip.  Namun, ada perbedaan diantara keduanya yang menarik untuk diketahui. Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu iced coffee ?

Dilansir dari laman All Recipes, iced coffee atau es kopi memiliki makna luas. Sederhanya, es kopi adalah kopi dari jenis apapun yang disajikan dengan potongan es batu. Secara teknik membuatnya, cold brew hingga flash brew bisa disebut dengan iced coffee.

Namun di beberapa kafe atau kedap kopi, iced coffee berarti kopi tetes yang didinginkan atau dituang di atas es batu.

Apa itu cold brew ?

Masih dalam laman All Recipes yang sama, cold brew merupakan kategori es kopi yang lebih spesifik dengan aturan dan teknik untuk membuatnya.

Walau sedikit membingungkan dalam hal penyebutan, tetapi dilihat dari cara membuatnya. Cold brew adalah bubuk kopi halus yang diseduh dengan air dingin kemudian didiamkan dalam waktu yang cukup lama.

Apa bedanya iced coffee dan cold brew ?

Setelah mengetahui sedikit banyak seputar definisi dari keduanya, salah satu pembeda di antara keduanya adalah dari segi pembuatan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cold brew merupakan teknik menyeduh kopi dengan air dingin kemudian didiamkan selama kurang lebih 12 jam, menurut laman Taste of Home.

Cara pembuatan seperti itulah yang membuat cold brew memiliki rasa yang tidak terlalu asam dan pahit yang lebih terasa dibandingkan es kopi pada umumnya. Hal ini karena bukan air panas yang digunakan untuk mengekstrak minyak, gula, dan kafein dalam kopi.

Dari segi kandungan kafein, dilansir dari laman Food and Wine, cold brew dianggap lebih memiliki banyak kafein daripada es kopi biasa. Pasalnya, kopi cold brew dibuat dengan proses penyeduhan yang lambat sehingga kandungan kafein yang terserap semakin banyak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengulik Lebih Jauh Seputar Bedanya Cold Brew dan Iced Coffee", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/29/121100375/mengulik-lebih-jauh-seputar-bedanya-cold-brew-dan-iced-coffee.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm