Ilustrasi green smoothies atau smoothie sayuran.
Ilustrasi green smoothies atau smoothie sayuran. ( SHUTTERSTOCK/Antonina Vlasova)

Apa Semua Sayuran Hijau Bisa Diolah Jadi Minuman? Simak Penjelasannya

1 Oktober 2023 15:05 WIB

SonoraBangka.id - Tren green smoothies kian meningkat. Pola hidup sehat yang dimulai dari mengonsumsi minuman hijau ini banyak diikuti masyarakat. Seperti namanya, bahan minuman yang digunakan serba hijau, terutama sayuran dan buah. Sayuran hijau mudah ditemukan di Indonesia.

Namun, menurut Tri Wahyudi, Food and Beverage Manager Hotel Aryaduta Semanggi, tidak semua sayuran hijau baik diolah menjadi minuman. "Tidak semua sayuran hijau aman diolah menjadi minuman.

Ada beberapa sayuran hijau yang bila tidak diolah dengan tepat malah jadi racun," jelas Tri kepada Kompas.com usai acara peluncuran Asta Karya, Rabu (27/9/2023). Ia mengatakan, membutuhkan pengetahuan lebih dalam sebelum mengolah satu sayuran hijau untuk memastikan keamanan konsumsinya.

Salah satu sayuran hijau yang aman diolah menjadi minuman adalah pakcoy. Alasannya, pakcoy memiliki daun segar dengan rasa pahit yang masih bisa ditoleransi, khususnya baby pakcoy.

Cara paling mudah membedakan sayuran hijau yang aman diolah menjadi minuman dan tidak, bisa dilihat dari jenis tanamannya. Bila tanaman sayur tersebut memiliki getah, sebaiknya hindari karena membutuhkan proses ekstra agar aman dikonsumsi mentah.

"Misalnya labu. Labu harus diproses dulu karena ada getah. Tanaman sayur getah tidak bisa diolah menjadi moktail karena akan getir di mulut," jelas Tri. Selain itu, kemudahan mengolah sayur menjadi minuman juga perlu diperhatikan saat membuat jus, smoothie, maupun moktail.

Tri menilai bahwa pakcoy lebih mudah diolah daripada kangkung. Sebab, batang kangkung berongga dan harus dibersihkan  "Bayam dan kangkung sebenarnya bisa (dibuat minuman), tetapi kangkung itu kan ada batang kosong dan acid-nya lebih tinggi," ujar Tri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Semua Sayuran Hijau Bisa Diolah Jadi Minuman?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/28/160400975/apa-semua-sayuran-hijau-bisa-diolah-jadi-minuman-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm