Latte mengandung banyak susu, dan dikaitkan sebagai penyebab jerawat.
Latte mengandung banyak susu, dan dikaitkan sebagai penyebab jerawat. ( SHUTTERSTOCK/I love coffee)

Hampir Selalu Ada Di kedai Kopi, Apakah Cafe Latte dan Kopi Susu Sama?

1 Oktober 2023 15:09 WIB

SonoraBangka.id - Cafe latte dan kopi susu hampir selalu ada di kedai kopi kekinian. Tampilannya mirip, apakah keduanya sama? Menurut Toni, barista Hotel Aryaduta Semanggi, cafe latte dan kopi susu serupa, tetapi tidak sama persis.

"Kalau kopi susu pakai kental manis, kalau cafe latte pakai fresh milk," tutur Toni saat ditemui Kompas.com usai acara peluncuran Asta Karya, Rabu (27/9/2023).

Toni mengatakan, sebutan kopi susu merujuk pada minuman yang dibuat dan populer di Indonesia. Bahan utamanya adalah kopi dan susu atau kental manis.

Kemudian bisa disajikan dalam kondisi panas maupun dingin. Berbeda dengan kopi susu, cafe latte berasal dari Italia dan populer di dunia, termasuk Indonesia.

"Cafe latte dibuatnya dari espreso dan susu yang di-steam," kata Toni. Sama halnya dengan kopi susu, cafe latte pun bisa disajikan panas atau dingin.

Namun, khusus latte art, hanya bisa dibuat dengan kopi panas. Selain kedua macam kopi ini, masih ada racikan kopi susu lainnya yang dikenal dengan nama berbeda. Ada cappuccino, flat white, macchiato, dan piccolo. 

Kopi espresso based ini juga populer di coffee shop Indonesia. Pembedanya ada di perbandingan kopi dan susu, tekstur susu, hingga cita rasa akhir yang dihasilkan dari setiap minuman kopi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cafe Latte dan Kopi Susu, Sama atau Beda?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/28/150300975/cafe-latte-dan-kopi-susu-sama-atau-beda-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm