Pebalap Pramac Racing Jorge Martin saat tampil pada MotoGP Italia 2023, 9 Juni lalu. Terkini, hasil FP1 MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi, Jumat (29/9/2023) memunculkan nama Jorge Martin sebagai yang tercepat. (AFP/FILIPPO MONTEFORTE)
Pebalap Pramac Racing Jorge Martin saat tampil pada MotoGP Italia 2023, 9 Juni lalu. Terkini, hasil FP1 MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi, Jumat (29/9/2023) memunculkan nama Jorge Martin sebagai yang tercepat. (AFP/FILIPPO MONTEFORTE) ( KOMPAS.COM)

Hasil MotoGP Jepang 2023: Balapan Disetop, Martin Menjadi Juara, Marquez Podium

1 Oktober 2023 17:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gelaran MotoGP Jepang 2023 berlangsung dalam kondisi hujan, Minggu (1/10/2023), di Sirkuit Twin Ring Motegi

Race director sempat memutuskan untuk menunda balapan dengan mengibarkan red flag atau bendera merah di tengah balapan. Tapi, beberapa saat kemudian race director memutuskan untuk menyudahi jalannya balapan.

Jorge Martin yang sedang berada di depan, dinobatkan menjadi juara. Diikuti Francesco Bagnaia dan Marc Marquez di posisi kedua dan ketiga. Balapan dianggap selesai setelah sudah berjalan lebih dari 50 persen.

Enam lap pertama balapan berlangsung ketat. Sebab sesaat mau mulai balapan kondisi trek sedikit basah akibat gerimis. Padahal sejak sesi latihan pertama (FP1) aspal selalu kering dan cuaca panas.

Para pebalap tetap pakai ban slik karena sudah berada di starting grid namun sudah mempersiapkan motor cadangan di paddock jika hujan tambah deras.

Start dimulai Jorge Martin yang meraih pole position langsung memimpin balapan namun masih di sektor satu bendera kuning dan putih berkibar. Bendera putih artinya pebalap dibolehkan untuk menukar motor dan ban di paddock.

Pada akhir lap pertama para pebalap masuk paddock untuk mengganti motor. Posisi kemudian berubah Michele Pirro.dan Fabio Quartararo di posisi pertama dan kedua karena belum ganti ban.

Adapun Jorge Martin yang sudah ganti ban berada di posisi keenam. Quartararo baru masuk paddock di lap ketiga, dan membuat posisi Martin naik ke posisi keempat, adapun posisi pertama masih Michele Pirro.

Pada lap ketiga Martin melebar, Aleix Espargaro yang sudah berada di belakangnya kini naik ke posisi keempat, kemudian naik lagi ke posisi kedua setelah Franco Morbidelli masuk paddock ganti motor.

Aleix Espargaro akhirnya memimpin balapan di lap kelima setelah Pirro masuk paddok, kemudian dibuntuti Marc Marquez di poisisi kedua dan Francesco Bagnaia di posisi ketiga.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm