Tampilan dari laptop Chromebook yang sudah bersertifikasi Chromebook Plus
Tampilan dari laptop Chromebook yang sudah bersertifikasi Chromebook Plus ( YouTube/Google)

Google Perkenalkan Chromebook Plus, Standar Baru Laptop Kelas Atas

3 Oktober 2023 10:24 WIB

SonoraBangka.ID - Google memperkenalkan Chromebook Plus. Ini adalah standar baru untuk laptop Chromebook dengan spesifikasi kelas atas alias flagship. Standar ini ditujukan untuk memudahkan konsumen yang ingin membeli laptop dengan kualitas tertinggi.

“Hari ini, kami memperkenalkan Chromebook dengan kategori baru yang menjanjikan di masa mendatang, Chromebook Plus,” tulis Vice President, ChromeOS Product, Engineering and UX John Maletis, dalam blog resmi Google, Senin (3/10/2023).

Menurut Google, konsumen kerap kali merasa kebingungan memilih spesifikasi mana yang sesuai kebutuhan, saat ingin membeli laptop. Ditambah, ada berbagai macam model yang tersedia di pasaran.

Nah, dengan adanya sertifikasi atau standar Chromebook Plus, konsumen diharapkan lebih mudah untuk mengetahui mana saja laptop Chromebook yang memiliki spesifikasi mumpuni. Bagi yang belum familier, Chromebook adalah laptop yang menjalankan sistem operasi (OS) Chrome OS.

Chromebook yang masuk dalam kategori Chromebook Plus, akan memiliki tanda khusus di bagian bodi laptop. Tanda tersebut bertuliskan "ChromebookPlus" dan akan tertera di bagian ujung atas perangkat Chromebook.

Perangkat yang masuk dalam kategori Chromebook Plus, akan memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari Chromebook biasa.

Laptop yang masuk dalam kategori Chromebook Plus, akan memiliki prosesor minimal Intel Core i3 generasi 12 atau AMD Ryzen 3 7000 CPU. Layar perangkat juga wajib mengusung panel IPS dengan resolusi 1.080 piksel, kamera depan yang dapat menghasilkan video beresolusi 1.080 piksel, RAM 8 GB, dan ruang penyimpanan (storage) paling kecil 128 GB.

Sementara Chromebook biasa biasanya memiliki spesifikasi yang lebih minimalis, seperti storage yang lebih kecil dan RAM yang lebih rendah.

“Semua jajaran laptop Chromebook Plus menawarkan prosesor yang cepat dan memiliki RAM dan storage dua kali lipat (sehingga) memberikan Anda tenaga untuk mengerjakan (pekerjaan) dengan mudah,” jelas John.

Sementara itu, soal dayanya, laptop Chromebook Plus setidaknya harus memiliki masa pakai baterai selama 10 jam. Angka ini ditetapkan berdasarkan pengujian standar internal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm