Ilustrasi menyimpan bahan makanan di ziplock.
Ilustrasi menyimpan bahan makanan di ziplock. ( FREEPIK/FREEPIK)

Amankah mencuci dan Gunakan Kembali Kantong Zipper Bekas Pakai?

5 Oktober 2023 06:09 WIB

SonoraBangka.id -  Kantong zipper atau kantong klip makanan cukup berguna untuk menyimpan makanan terutama di dalam lemari es. Akan sia-sia jika menggunakan kantong plastik klip sekali saja lalu membuangnya.

Namun, demi kesadaran lingkungan apakah aman untuk mencuci dan menggunakan kembali kantong zipper ini? Simak penjelasan apakah aman mencuci dan menggunakan kembali kantong zipper bekas pakai, dilansir dari laman The Spruce Eats, berikut selengkapnya.

1. Tidak boleh digunakan kembali jika...

Kantong zipper ini dapat digunakan kembali namun perlu memperhatikan bahan makanan yang sebelumnya disimpan. Jika kantong klip sudah digunakan menyimpan daging mentah, unggas, atau ikan di dalamnya, mungkin tidak ideal untuk mencucinya kembali. Sebab bekas daging mentah bisa potensi patogen, mungkin ada pada daging yang sulit dihilangkan. Tidak boleh juga digunakan kembali, setelah menyimpan produk busuk atau keju berjamur karena menampung mikroba.

2. Kapan aman menggunakan kembali kantong zipper?

Menurut ahli mikrobiologi mengatakan, aman untuk menggunakan kembali kantong zipper dalam kondisi tertentu. Bisa memakai kantong klip kembali yang sebelumnya menyimpan bahan-bahan kering karena aktivitas air terlalu rendah untuk memungkinkan tumbuhnya mikroba. Pastikan kantong klip tidak memiliki kondisi buruk terutama untuk membatasi konsumsi mikro dan nanoplastik.

3. Cara mencuci kantong zipper

Siapkan air hangat dan sabun cuci piring antibakteri dan masukkan ke dalam kantong zipper, kemudian tutup resletingnya dan kocok perlahan. Pastikan noda dan sisa makanan hilang. Setelah itu buang air sabun dan bilas hingga bersih untuk menghilangkan sabun dan kotoran. Biarkan kantong zipper benar-benar kering sebelum digunakan kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Aman Cuci dan Gunakan Kembali Kantong Zipper Bekas Pakai?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/04/220300275/apakah-aman-cuci-dan-gunakan-kembali-kantong-zipper-bekas-pakai-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm