Suasana kabut asap yang menyelimuti di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang, Jumat (6/10/2023) sore
Suasana kabut asap yang menyelimuti di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pangkalpinang, Jumat (6/10/2023) sore ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah )

DLH Ingatkan Masyarakat Waspada dan Kenakan Masker Terkait Kabut Asap yang Selimuti Pangkalpinang

7 Oktober 2023 08:05 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, kota Pangkalpinang sejak pagi pada Jumat (6/10/2023) hingga sore di selimut kabut asap.

Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung (Babel) menduga kabut asap ini adalah kiriman sari Sumatera Selatan (Sumsel).

Meski tak begitu tebal, berdasarkan pantauan Bangkapos.com, kabut asap ini  cukup merata disemua daerah di Pangkalpinang.

 

Tak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa kabut disepanjang jalan tersebut adalah kabut asap yang bisa saja membahayakan kesehatan.

Seperti diakui Nurul (35) warga Kelurahan Temberan itu mengira sejak pagi mendung akan turun hujan.

Namun, hingga sore hujan tak kunjung turun, tapi cuaca terasa seperti mendung.

"Cuacanya itu seperti mendung akan turun hujan, matahari ada cerah sekali tapi anehnya langit itu tidak cerah seperti biasanya dimusim kemarau," ujar Nurul kepada Bangkapos.com, Jumat (6/10/2023).

Tak hanya itu, dia juga merasa selama perjalanan menggunakan kendaraan roda dua matanya terasa perih sekali.

"Pas di jalan baru kepikiran mungkin ini adalah kabut asap, soalnya pas naik motor tu mata ni terasa perih gitu seperti kering," tuturnya. 

Sementara, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang, Andy Andriadoria mengakui sudah sejak beberapa hari terkahir pihaknya menduga ada kabut asap di Pangkalpinang.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm