Ilustrasi marinasi daging ayam.
Ilustrasi marinasi daging ayam. ( SHUTTERSTOCK/siamionau pavel)

Berapa Lama Marinasi Daging Ayam yang Benar? Simak Penjelasannya

7 Oktober 2023 17:56 WIB

SonoraBangka.id -  Marinade atau marinasi adalah tahap membumbui bahan makanan sebelum dimasak. Aneka jenis daging biasa dimarinasi sebelum dimasak, termasuk daging ayam.

Tujuannya, membiarkan bumbu meresap, apapun metode memasak yang digunakan. Bumbu marinasi terdiri dari buah-buahan asam dan aneka rempah.

Garam dan merica paling sering digunakan untuk memarinasi daging ayam. Sementara buah asam digunakan untuk mengempukan daging, tetapi tidak boleh terlalu lama agar tekstur daging ayam tidak rusak.

Lalu, berapa lama durasi marinasi daging ayam yang tepat? Dilansir dari All Recipes, daging ayam perlu dimarinasi selama dua hingga tiga jam sampai bumbu meresap ke daging. Tidak disarankan memarinasi ayam lebih dari empat jam, khususnya bila menggunakan bahan asam, karena dagingnya akan berkerut dan lembek teksturnya.

Simpan marinasi daging ayam di kulkas untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang bisa terjadi di suhu ruang. Marinasi daging ayam bisa dilakukan lebih cepat. Tidak perlu berjam-jam, cukup bumbui daging ayam selama 15-30 menit.

Cara marinasi cepat ini hanya berlaku untuk daging ayam yang sudah dipotong kecil atau difilet. Tipe daging ayam filet dan daging ayam potong akan lebih cepat menyerap bumbu sehingga tidak membutuhkan waktu lama.

Daging ayam marinasi bisa disimpan di wadah tertutup dan ditaruh kulkas selama dua hingga tiga hari sebelum dimasak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Marinasi Daging Ayam yang Benar?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/06/171000175/berapa-lama-marinasi-daging-ayam-yang-benar-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm