Gelaran Kirab 1.000 telur dan Kirab Nganggung yang digelar di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Minggu (8/10/2023
Gelaran Kirab 1.000 telur dan Kirab Nganggung yang digelar di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Minggu (8/10/2023 ( Istimewa)

Kirab 1.000 Telur Desa Batu Belubang Digelar Meriah Dalam Rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad

8 Oktober 2023 15:40 WIB

SonoraBangka.id - Terlihat sekali kemeriahan pada saat gelaran Kirab 1.000 telur dan Kirab Nganggung di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Minggu (8/10/2023).

Rombongan peserta kirab yang juga diisi marching band dan grup hadrah disambut antusias oleh warga di sepanjang rute yang dilewati. Mereka rela menghentikan aktivitasnya, untuk mengabadikan momen tersebut.

Hal itu membuat peserta kirab semakin bersemangat, seperti yang ditunjukkan oleh Afandi (11) yang bertugas dalam rombongan pembawa telur khataman beserta teman-temannya.

Meski di bawah sinar matahari yang sangat terik, Afandi terus berjalan dan sesekali menyapa para penonton yang berada di pinggir jalan.

"Panas, tapi tidak terasa capek. Senang aja, karena ramai, banyak teman juga," ucap siswa SDN 10 Pangkalan Baru tersebut.

Ketua Panitia kegiatan, Sarjono Muridan dalam sambutannya mengatakan, acara peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tersebut juga telah diisi dengan berbagai kegiatan lomba adat sejak 1 Oktober kemarin.

"Berbagai macam lomba adat, kemarin ada lomba Pangkak Igik (biji) Karet, Ketapel atau Betet, Ngeremis, Lomba Adzan, Tartil Qur'an, Seni Budaya Dul Muluk, Khatam Alquran dan hari ini Kirab 1.000 telur dan dulang," ujar Sarjono.

Ia juga menembahkan kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi Lembaga Adat Melayu (LAM), Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan juga Pemerintah Desa Batu Belubang yang bertujuan untuk menumbuhkan potensi wisata yang ada di kawasan itu.

"Tentu untuk memperkenalkan dan mempromosikan wisata budaya dan kearifan lokal masyarakat Desa Batu Belubang," ucapnya. 

Semetara itu, warga sekitar Usman (44) mengaku sangat mengapresasi kembali digelarnya acara tersebut di Desa nya.

Dikatakan Usman bahwa, ini memang kegiatan rutin di sini ketika Maulid.

Acaranya bagus, dan ia berharap semoga bisa terus diadakan dengan meriah setiap tahunnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Peringatan Maulid Nabi Muhammad, Kirab 1.000 Telur Desa Batu Belubang Digelar Meriah, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/08/peringatan-maulid-nabi-muhammad-kirab-1000-telur-desa-batu-belubang-digelar-meriah.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm