Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.(DPA/MAXPPP via DW INDONESIA)
Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.(DPA/MAXPPP via DW INDONESIA) ( KOMPAS.COM)

Masih dalam Penjajakan Awal, Gaikindo Mengaku Sudah Jumpa VinFast

12 Oktober 2023 19:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rencana ekspansi VinFast ke pasar otomotif Indonesia sepertinya segera terwujud. Setelah menemui Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, perseroan ternyata juga sudah berkomunikasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menyatakan, kedatangan perwakilan produsen mobil listrik asal Vietnam tersebut dilakukan belum lama ini. Pada kesempatan itu, mereka ingin mendapatkan pandangan dari asosiasi mengenai proyeksi pasar nasional.

"Salah satu personel VinFast sudah datang. Mereka melapor (terkait rencananya untuk ke Indonesia) dan ingin tau gimana caranya menjadi anggota Gaikindo. Banyak hal diskusikan," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

"Namun ini masih dalam proses ya. Kemarin itu yang datang pengurus atau karyawan dari VinFast sini. Orang pusatnya (prinsipal) belum," lanjut Kukuh.

Mengenai kabar VinFast akan buka pabrik di Indonesia, Kukuh mengaku bahwa belum ada komunikasi ke sana.

Tapi apabila benar, pihak Gaikindo sangat tebuka supaya VinFast melebarkan sayap ke pasar Tanah Air. Sehingga percepatan era elektrifikasi kendaraan bermotor bisa semakin terakselerasi dan ramai.

"Kalau di Indonesia kan kita itu sudah swasembada mobil. Jadi kalau mau masuk pasar Indonesia, buka pabrik saja di sini. Bukan datengin dari sana," tuturnya.

Sebelumnya, VinFast disebut bakal melakukan ekspansi besar-besaran di Asia. Total ada 7 pasar yang menjadi bagian dari rencana tersebut termasuk Indonesia.

Proses ekspansi ke Indonesia sendiri akan dimulai tahun depan dan pabrik rencananya akan beroperasi mulai 2026.

Menurut dokumen pengajuan Vinfast kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang dilansir Reuters, perusahaan berencana menginvestasikan sekitar 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 18,8 triliun untuk jangka panjang.

Dari jumlah tersebut, sekitar 200 juta dollar AS akan digunakan untuk pabrik di Indonesia, dengan target produksi pada 2026 yang mampu menghasilkan 30.000 sampai 50.000 unit mobil setiap tahunnya,

“Kita bisa percepat hingga 2025, tentunya dengan dukungan pemerintah Indonesia terutama kaitannya dengan insentif investasi,” ujar Deputy CEO VinFast Global, Bui Kim Thuy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Penjajakan Awal, Gaikindo Mengaku Sudah Jumpa VinFast", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/12/082200415/masih-penjajakan-awal-gaikindo-mengaku-sudah-jumpa-vinfast.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm