Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (2/10/2023)
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (2/10/2023) ( KOMPAS.com)

Ada Perang Hamas-Israel, Menteri ESDM Waspadai Kenaikan Harga Minyak Dunia

14 Oktober 2023 16:25 WIB

SonoraBangka.ID - Konflik perang yang terjadi antara Hamas dan Israel memberikan dampak pada pergerakan harga minyak dunia. Tren harga minyak mentah pun sempat menguat meski kini mulai mereda.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pun mewaspadai pergerakan harga minyak mentah yang dipengaruhi kondisi global. Ia berharap, harga minyak dunia tidak terus merangkak naik.

"Jadi minyak nih kemarin sudah (turun ke) 86 dollar AS, kemarin juga sempet naik ke 96 dollar AS. Yah kita berharap jangan naik-naik dari 90 dollar AS lah. Di level situ dulu lah," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Ia menuturkan, harga minyak mentah sudah mulai melandai karena dipengaruhi meningkatnya pasokan dan menurunnya permintaan.

Selain faktor pelemahan ekonomi, kondisi penurunan permintaan juga disebabkan oleh sejumlah negara yang memakai komoditas energi lainnya di masa musim dingin.

"Pihak pemakai juga kelihatannya melandai karena ada alternatif yang dipakai untuk mengisi, contohnya Jerman dan Inggris pakai batubara untuk bisa mengatasi musim dingin besok," jelas Arifin.

Oleh sebab itu, dia berharap harga minyak mentah dunia hanya akan bergerak maksimal di level 90 dollar AS per barrel. Lantaran, di level ini maka pemerintah bisa menjaga kemampuan anggarannya untuk memenuhi pasokan bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri.

"Kita juga dengan adanya itu berarti kita masih bisa menjaga keberadaan keberlangsungan BBM kita di dalam negeri di dalam situasi jelang pemilu semuanya agar tenang," katanya.

Mengutip data Bloomberg pukul 17.15 WIB, harga minyak mentah Brent saat ini berada di level 89,09 dollar AS per barrel, sementara harga minyak mentah Intermediate West Texas Intermediate (WTI) AS sebesar 86,02 dollar AS per barrel.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Perang Hamas-Israel, Menteri ESDM Waspadai Kenaikan Harga Minyak Dunia", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/13/174000226/ada-perang-hamas-israel-menteri-esdm-waspadai-kenaikan-harga-minyak-dunia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm