Ilustrasi wajan alumunium.
Ilustrasi wajan alumunium. ( SHUTTERSTOCK/ANECEPTIUS BAMBANG SUTOPO)

Jangan Pakai Sikat Besi, Berikut 6 Cara Bersihkan Alat Masak Aluminium

15 Oktober 2023 14:56 WIB

SonoraBangka.id -  Alat masak dan peralatan dapur aluminium harus segera dibersihkan setelah suhu panasnya turun. Misalnya, loyang oven, panci, wajan, hingga westafel yang sering digunakan sebagai penampung alat masak kotor.

Membiarkan peralatan masak aluminium kotor dalam waktu lama, membuat noda membandel akan menempel dan sulit dibersihkan.

Cara membersihkan peralatan masak aluminium cukup mudah. Bisa kamu ikuti di rumah menggunakan beberapa bahan. Simak tiga cara membersihkan alat masak dan alat dapur aluminium yang dilansir dari The Spruce berikut ini.

1. Siapkan bahan

Beberapa bahan asam diperlukan untuk membersihkan peralatan masak dan dapur dari aluminium. Ada sabun cuci piring, air lemon, cuka putih, garam, lemon segar, dan krim tartar.

2. Bersihkan dengan sabun cuci piring

Campur sabun cuci piring dengan air hangat, bersihkan peralatan masak aluminium dengan larutan ini. Bila bagian bawah peralatan masak aluminium tersebut gosong, rebus larutan cuci piring selama 10 menit, baru bersihkan alat masak.

3. Gosok dengan garam 

Taburi bagian kotor alat masak aluminium dengan garam, lalu gosok perlahan menggunakan spons. Gosok hingga noda memudar dan segera bilas untuk melihat hasilnya. Bila belum bersih sempurna, ulangi hal yang sama.

4. Bersihkan dengan larutan asam

Bahan asam, seperti cuka, lemon, dan krim tartar, bisa digunakan dengan campuran air panas. Gunakan dua sendok makan air asam untuk satu liter air. Bersihkan atau rendam alat masak aluminium dengan larutan ini.

5. Hindari menggunakan sikat kawat

Sikat kawat akan membuat peralatan masak aluminium tergores dan sulit dihilangkan dengan dicuci. Cukup gunakan spons pencuci piring untuk membersihkan peralatan masak aluminium, terlepas dengan bahan pembersihnya. 6. Keringkan dengan lap Lap bersih dan lembut akan menjaga peralatan masak aluminium tidak rusak. Kamu bisa menggunakan kain dapur untuk meniriskan alat masak setelah dicuci.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Bersihkan Alat Masak Aluminium, Jangan Pakai Sikat Besi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/12/080700475/6-cara-bersihkan-alat-masak-aluminium-jangan-pakai-sikat-besi?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm