Mencuci piring kotor sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari. Sebaliknya, bersihkan piring kotor saat sebelum tidur.
Mencuci piring kotor sebaiknya tidak dilakukan di pagi hari. Sebaliknya, bersihkan piring kotor saat sebelum tidur. ( Thomas Northcut via Getty Images)

Rendam Dulu Piring Kotor Berkerak, Berikut 5 Cara Cuci Piring Hemat Air

16 Oktober 2023 14:50 WIB

SonoraBangka.id - Setiap 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Tahun ini, FAO memberi tema "Water is life, water is food. Leave no one behind." Tema Hari Pangan Sedunia 2023 mengingatkan semua orang untuk memanfaatkan air dengan bijak dalam semua aspek kehidupan.

Salah satu kegiatan dapur yang membutuhkan air adalah mencuci piring. Bila tidak tepat, mencuci piring dapat menghabiskan banyak air. Padahal, ada cara mencuci piring hemat air yang bisa diterapkan sehari-hari, seperti dilansir Martha Stewart berikut ini.

1. Bersihkan sisa makanan

Sisa makanan bisa berkerak dan sulit dibersihkan. Gunakan spatula karet atau kayu untuk mengikis sisa makanan di piring. Langsung buang sampah makanan ke tempat sampah. Jangan membuangnya ke dalam sink atau wastafel agar tidak menyumbat pembuangan.

2. Rendam piring kotor

Bila sisa makanan di piring sudah berkerak kering, sebaiknya rendam terlebih dulu agar lebih mudah dicuci. Tambahkan sabun cuci atau soda kue ke dalam rendaman piring kotor agar sisa makanan mudah terangkat.

3. Siapkan dua baskom 

Gunakan baskom ganda untuk mencuci piring hemat air. Isi satu baskom dengan air hangat untuk mencuci piring dan baskom kedua berisi air dingin untuk membilas piring. Air panas akan membantu kotoran di piring meluruh dan mudah dibersihkan sehingga tidak membutuhkan banyak air.

4. Mulai cuci piring dengan kotoran paling sedikit

Mulai mencuci piring dengan sedikit kotoran akan menjaga air dalam baskom tidak cepat kotor di awal. Hal ini akan membantu menghemat air dan menjaga spons pencuci piring tidak cepat kotor.

5. Keringkan dengan lap bersih

Setelah membilas piring di baskom berisi air dingin, segera keringkan dengan lap bersih atau tisu. Kamu bisa meniriskan piring sebelum mengelapnya agar lap tidak cepat basah. Simpan piring kering di rak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Cuci Piring Hemat Air, Rendam Dulu Piring Kotor Berkerak", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/16/103300775/5-cara-cuci-piring-hemat-air-rendam-dulu-piring-kotor-berkerak?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm