Ilustrasi manfaat sinar matahari pagi.(iStockphoto/miniseries)
Ilustrasi manfaat sinar matahari pagi.(iStockphoto/miniseries) ( KOMPAS.COM)

Ini yang Terjadi pada Tubuh kalau Anda Rutin Terpapar Matahari Pagi

17 Oktober 2023 18:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Sinar matahari adalah cahaya alami yang memiliki sejumlah manfaat jika didapatkan dengan keseimbangan yang tepat.

Ada banyak manfaat positif dari sinar matahari, tapi jika terlalu berlebihan, justru akan memberikan dampak negatif.

Para peneliti tidak selalu memiliki ukuran pasti berapa lama Anda harus berada di luar ruangan untuk mendapatkan manfaat sinar matahari.

Selain itu, jumlah terbaik juga bergantung pada jenis kulit seseorang dan seberapa langsung paparan sinar matahari tersebut.

Dilansir dari laman Healthline, terkena sinar matahari selama 5 hingga 15 menit di lengan, tangan, dan wajah 2-3 kali seminggu sudah cukup untuk menikmati manfaat sinar matahari yang meningkatkan vitamin D.

Perlu diingat bahwa sinar matahari harus menembus kulit. Mengenakan tabir surya atau pakaian pada kulit Anda tidak akan menghasilkan produksi vitamin D yang maksimal.

Kecuali jika Anda akan berada di luar ruangan selama lebih dari 15 menit, maka ada baiknya melindungi kulit Anda dengan tabir surya atau topi dan kemeja pelindung.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut sejumlah manfaat kesehatan dari paparan sinar matahari pagi:

1. Kesehatan tulang meningkat

Dilansir dari laman WebMD, sinar matahari dikatakan sebagai sumber Vitamin D terbaik. Tubuh manusia cenderung memproduksi Vitamin D ketika terkena sinar matahari.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm