Ilustrasi ombus-ombus atau lapet.
Ilustrasi ombus-ombus atau lapet. ( Shutterstock/Tanabora)

Hidangan untuk Siwon Choi, Berikut Ini Cara Membuat Ombus-Ombus

22 Oktober 2023 06:41 WIB

SonoraBangka.id -  Siwon Choi, personel Super Junior, hadir sebagai tamu spesial dalam episode terbaru MasterChef Indonesia (MCI) musim 11, Sabtu (21/10/2023).

Anggota boy group asal Korea Selatan itu membawa dua bahan makanan untuk diolah para peserta MCI, yakni santan dan gocujang.

Tim biru memanfaatkan santan untuk membuat ombus-ombus, makanan khas Sumatera Utara yang dibuat dari kelapa dan gula merah. Ombus-ombus berarti ditiup dalam bahasa Batak, merujuk pada cara makan lapet ini yang disajikan hangat dan perlu ditiup sebelum dinikmati.

Simak resep ombus-ombus, seperti buatan peserta MCI, dari buku "Hidangan Halal Khas Dari Tano Batak" (2013) oleh Linda Carolina Brotodjojo terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Resep ombus-ombus

Bahan:

100 gr tepung ketan putih

100 gr kelapa muda, parut memanjang

1/4 sdt garam

Gula aren secukupnya, sisir

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm