Ilustrasi booth Honda di IMOS 2023(Dok. AHM)
Ilustrasi booth Honda di IMOS 2023(Dok. AHM) ( KOMPAS.COM)

Pembelian Motor Secara Kredit Mengalami Pertumbuhan di Atas 60 Persen

26 Oktober 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah sempat lesu karena pandemi Covid-19, pembelian sepeda motor secara kredit perlahan kembali menunjukkan tren positif.

FIFGROUP melalui FIFASTRA menyatakan, penyaluran kredit motor pada semester I/2023 mencapai Rp 13,7 triliun, atau naik 46,3 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 9,4 triliun.

“Dibanding tahun lalu kita bertahan, karena memang kalau tahun lalu istilahnya unit terbatas, kena cip segala macam. Tahun ini kan sudah normal semua,” ujar Daniel Hartono, Chief Marketing Officer FIFGROUP, kepada Kompas.com di Tangerang (25/10/2023).

Daniel mengatakan, tahun ini porsi pembelian motor secara kredit mengalami pertumbuhan dibandingkan pembelian tunai.

“Porsi kreditnya yang meningkat, karena kalau tahun lalu kan mungkin porsi kreditnya 56-57 persen. Jadi dari total keseluruhan jualan, 56-57 persen itu kredit,” ucap Daniel.

“Kalau sekarang porsinya meningkat, sudah di atas 60 persen. Jadi kalau kita punya market share yang sama tapi size-nya membesar, secara unit kan kita juga membaik, itu data per September 2023,” kata dia.

Secara umum, penyaluran kredit motor tahun ini mengalami kenaikan walaupun sempat turun pada Agustus-September 2023.

“Karena selalu memang dari Agustus ke September itu turun. Agustus selalu kita dalam tiga tahun terakhir dari 2017 itu memang ada penurunan 6-13 persen, rutin setiap tahun,” kata Daniel.

Lebih lanjut Daniel menambahkan, FIFGROUP melalui FIFASTRA akan mendorong pertumbuhan industri keuangan khususnya pembiayaan sepeda motor.

“Tidak ada pengetatan dari kita, memang tidak ada arah ke sana. Jadi apa yang terjadi di September cyclical, pasti setiap bulan atau tahunnya kita lihat turun. Tapi tidak ada dari sisi kitanya pelemahan atau tidak agresif,” ucap Daniel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pembelian Motor Secara Kredit Meningkat di Atas 60 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/26/190200215/pembelian-motor-secara-kredit-meningkat-di-atas-60-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm