Ilustrasi ngisi BBM
Ilustrasi ngisi BBM ( ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

Pemprov Babel Bakal Blokir QR Code Pembelian Solar Subsidi 4.000 Lebih Kendaraan Penunggak Pajak

30 Oktober 2023 13:42 WIB

SonoraBangka.id - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 541/259/IV tentang Pendistribusian jenis bahan bakar minyak tertentu/solar subsidi di Babel.

Pada surat tersebut, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berencana melakukan pemblokiran pada Fuel Card dan QR Code yang digunakan untuk membeli solar bersubsidi bagi kendaraan yang menunggak pembayaran pajak.

Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Provinsi Bangka Belitung melalui Biro Ekonomi Pembangunan, Heru menyampaikan pemblokiran itu rencananya akan diberlakukan pada lebih dari 4.000 kendaraan berbahan bakar solar yang sampai saat ini melakukan penunggakan pembayaran pajak tahunan.

"Kami sudah minta data ke Bakuda, dari 14.000 lebih kendaraan berbahan bakar solar di Babel, ada 4.000 lebih yang pajaknya mati. Artinya ada Rp7-8 Miliar yang tertunggak, jadi Pak Pj (Suganda) mengeluarkan edaran itu," ujar Heru saat dihubungi Bangkapos.com, Senin (30/10/2023).

Menurutnya, kebijakan yang mulai diterapkan pada 10 November 2023 itu, tidak hanya untuk melakukan efisiensi penggunaan BBM bersubsidi jenis solar tetapi juga bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Karena rata-rata kuota solar kita sudah hampir habis dan dikhawatirkan tidak akan cukup sampai bulan Desember. Meski kita sudah mengajukan penambahan ke BPH Migas, tapi juga harus ada efisiensi," sebutnya.

Ia juga menjelaskan, secara teknis kebijakan itu akan diterapkan pada kendaraan yang menunggak pajak lebih dari dua bulan.

"Karena kita sama-sama tahu, solar subsidi ini banyak juga diambil pengerit. Kemudian sekarang kan masih ada pemutihan, silahkan masyarakat memanfaatkan itu," tegasnya.

Akan tetapi ia juga menjelaskan, pembatasan itu hanya akan dilakukan pada pembelian jenis solar bersubsidi. 

"Untuk itu silahkan nanti bisa beli yang non-subsidi, seperti dexlite itu masih bisa. Teknisnya, nanti misal sudah terblokir dan kemudian membayar pajak, untuk mendapatkan Fuel Card dan QR Code bisa mengisi data ulang dari awal sesuai kebijakan Pertamina," tukasnya


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pemprov Babel Bakal Blokir QR Code Pembelian Solar Subsidi 4.000 Lebih Kendaraan Penunggak Pajak, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/30/pemprov-babel-bakal-blokir-qr-code-pembelian-solar-subsidi-4000-lebih-kendaraan-penunggak-pajak.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm