Ilustrasi daging kambing
Ilustrasi daging kambing ( freepik)

Terutama Rasa dan Tekstur, Berikut 3 Beda Daging Kambing dan Domba

30 Oktober 2023 16:41 WIB

SonoraBangka.id - Kiki, peserta MasterChef Indonesia musim 11 mengolah lamb atau daging domba muda yang mengantarkan ia menang pada tantangan pertama episode Minggu (29/10/2023).

Kambing dan domba adalah hewan satu famili tetapi berbeda genus yang kerap kali dianggap sama oleh beberapa orang. Genus kambing Capra, sedangkan genus domba itu Ovis.

Selain genus, kambing dan domba mempunyai sejumlah perbedaan terutama rasa dan tekstur. Simak beda daging kambing dan domba berikut. 

1. Usia

Masakan olahan kambing di Indonesia seperti sate, gulai, dan tongseng umumnya menggunakan kambing muda berusia antara tiga sampai enam bulan.

Salah satu alasan penggunaan kambing muda karena teksturnya dianggap lebih empuk. Ada pula kambing dengan usia di atas satu tahun yang diolah menjadi masakan.

Usia satu sampai 1,5 tahun adalah masa potong kambing sehingga cukup banyak daging kambing dijual di pasaran pada usia ini. Begitu pula daging domba, ada yang disembelih saat masih muda dan tua.

Melansir The Spruce Eats, lamb itu sebutan domba yang usianya di bawah satu tahun. Daging domba muda di bawah tiga bulan disebut spring lamb.

Sementara itu, daging dari domba usia lebih dari satu tahun sampai umumnya tiga tahun disebut mutton.  

2. Rasa dan tekstur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm