Toyota GR Yaris Concept yang dipamerkan pada Tokyo Auto Salon 2023(Dok. Toyota)
Toyota GR Yaris Concept yang dipamerkan pada Tokyo Auto Salon 2023(Dok. Toyota) ( kompas.com)

Toyota Sebut Direct Automatic Transmission Bisa Membuat Perubahan Besar

30 Oktober 2023 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota GR Yaris yang memiliki performa tinggi dibekali dengan sistem transmisi manual. Tapi, saat ini sedang dikembangkan transmisi otomatis khusus yang diyakini bisa membuat perubahan besar.

Salah satu hal yang dikeluhkan oleh para pecinta kecepatan dari transmisi matik adalah transmisi tersebut didesain untuk kenyamanan berkendara, bukan kecepatan.

Namun, Toyota mencoba untuk mematahkan stigma tersebut dengan menciptakan Direct Automatic Transmission (DAT). Transmisi ini sekarang sedang dites pada GR Yaris.

Akio Toyoda, pimpinan perusahaan Toyota yang juga seorang pebalap, mengatakan, teknologi tersebut bisa menjadi "game-changer".

Menurut pengalamannya sendiri saat balapan di Super Taikyu, dia melihat keuntungan dari transmisi DAT bagi pebalap pemula.

"Satu hal yang saya pelajari di Super Taikyu adalah perbedaan perpindahan gigi antara saya dan pebalap pro. Saat mengganti gigi (secara manual) di lintasan lurus, saya kehilangan waktu 0,2 detik. Dengan dua kali pergantian, saya kehilangan hampir setengah detik," kata Toyoda, kepada Toyota Times, dikutip dari Carscoops.com, Senin (30/10/2023).

"Dengan DAT, tidak ada waktu yang hilang saat berpindah gigi, jadi jarak antara saya dan para pebalap profesional lebih kecil dari biasanya. Saya bisa berkonsentrasi pada pengereman dan akselerasi," kata Toyoda.

Bukan cuma para amatir yang terampil, tetapi juga para pebalap profesional terkesan dengan teknologi ini. Pebalap profesional, Hiroaki Ishiura menjelaskan bagaimana DAT lebih baik daripada mobil otomatis standar.

"Di lintasan balap, AT biasa terasa licin (karena mekanismenya). Sehingga, Anda tidak bisa merasakan hubungan langsung (dengan persneling)," ujar Ishiura.

"Di situlah D dalam DAT berperan: Direct. Sistem ini mengunci sejak saat Anda menginjak gas, merespons input pedal gas secara linier dan memungkinkan Anda untuk memangkas waktu putaran tanpa kehilangan waktu," kata Ishiura.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm