Max Verstappen mengendarai HR-V e:HEV alias HR-V Hybrid dalam iklan terbaru Honda(Dok. Honda)
Max Verstappen mengendarai HR-V e:HEV alias HR-V Hybrid dalam iklan terbaru Honda(Dok. Honda) ( KOMPAS.COM)

HR-V Jadi Hybrid Murah Honda yang Bakal Melakukan Produksi di Indonesia?

31 Oktober 2023 17:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Strategi Honda Prospect Motor (HPM) dalam mengembangkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia selalu diawali dengan studi, setelah itu berlanjut ke pengenalan produk, dan terakhir memproduksi massal.

Langkah tersebut juga diterapkan pada produk hybrid yang saat ini sedang masuk dalam tahap pengenalan produk dimulai melalui model flagship, yaitu Honda CR-V Hybrid. Setelah diterima pasar, maka berlanjut ke tahap ekspansi atau melakukan produksi lokal.

Model yang akan diproduksi lokal dijelaskan Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy, tentunya yang memiliki pasar besar, supaya secara volume atau hitung-hitungan masuk dengan nilai investasi yang sudah dikucurkan nanti.

"Jadi tidak mungkin masuk ke segmen yang secara pasar kecil, jadi kalau mau diproduksi lokal itu harus mobil yang pasarnya besar di Indonesia," ujar Billy saat berbincang dengan sejumlah media di Sapporo, Jepang, Senin (30/10/2023) malam.

Merujuk pada data penjualan yang dirilis HPM, model terlaris sampai September 2023, yaitu Brio dengan total penjualan per bulan mencapai 4.000-an unit. Kontribusi kedua, HR-V sekitar 2.100-an unit setiap bulannya.

Artinya, besar kemungkinan HPM akan mengambil HR-V untuk dijadikan mobil hybrid murah yang diproduksi massal dalam beberapa tahun ke depan. Secara global, SUV kompak ini juga sudah tersedia pilihan mesin hibrida, termasuk sudah dijual di Jepang, Eropa, dan Thailand.

"Saya belum bisa bicara sekarang ini modelnya apa, tapi yang jelas skemanya akan seperti itu," ucap Billy.

Sebagai informasi, HR-V hybrid sudah dijual di Thailand sejak dua tahun lalu. SUV kompak berteknologi hibrida itu lebih dulu mengaspal di Negeri Gajah Putih karena pemerintah setempat memberikan insentif besar kepada produsen yang menjual mobil hybrid.

"Kalau di Indonesia, kita lihat dari CR-V hybrid penerimaannya sudah cukup bagus, karena terbukti 80 persen penjualan CR-V didominasi oleh varian hybrid," tutur Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "HR-V Jadi Hybrid Murah Honda yang Bakal Diproduksi di Indonesia?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/31/064200215/hr-v-jadi-hybrid-murah-honda-yang-bakal-diproduksi-di-indonesia-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm