Ilustrasi es kopi dalgona.
Ilustrasi es kopi dalgona. ( Shutterstock/Viktoria Hodos)

Minuman Dingin yang Pernah Tren, Berikut Cara Membuat Es Kopi Dalgona

2 November 2023 06:17 WIB

SonoraBangka.id -  Tren makanan unik muncul saat pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah kopi dalgona. Kopi dalgona dapat disajikan panas atau dingin.

Kali ini, kamu dapat membuatnya dingin agar lebih nikmat diminum saat cuaca panas. Es kopi dalgona dibuat dari tiga bahan sederhana. Pembedanya dengan kopi lain adalah pengocokan bahan.

Kopi instan dan gula harus dikocok hingga mengembang dan kaku. Proses ini memakan waktu lama bila dilakukan manual. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan pengocok listrik khusus kopi atau susu agar lebih cepat terbentuk. Simak resep es kopi dalgona untuk dua gelas dari BBC Good Food berikut ini.

Resep es kopi dalgona

Bahan:

3 sdm kopi instan

2 sdm gula pasir

400-500ml susu cair

Cara membuat es kopi dalgona

1. Kocok kopi, gula pasir, dan tiga sendok makan air mendidih dalam mangkuk selama kurang lebih lima menit hingga adonan kental, kaku, dan mengembang. Kamu bisa menggunakan tangan atau kocokan listrik agar lebih mudah.

2. Tuangkan susu dingin ke dalam gelas. Bagi campuran kopi menjadi dua dan sendokkan secara merata di atas gelas. Sajikan dan aduk rata sebelum diminum.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Kopi Dalgona 3 Bahan, Minuman Dingin yang Pernah Tren ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/01/141200675/resep-es-kopi-dalgona-3-bahan-minuman-dingin-yang-pernah-tren-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm