Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia)
Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia) ( KOMPAS.COM)

Transmisi Matik Bisa Rusak jika Pindah ke P Sebelum Mobil Berhenti

2 November 2023 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketika mobil akan berhenti cukup lama atau pada posisi parkir, pengemudi mobil dengan transmisi matik umumnya akan langsung memindahkan tuas transmisi dari D (drive) ke P (parking).

Walau begitu, perlu diketahui bahwa ini diperbolehkan untuk dilakukan ketika mobil sudah berhenti seutuhnya, dan dalam keadaan parkir yang aman.

Tapi, tidak sedikit pengemudi yang memindahkan posisi P langsung ke D. Sehingga akan mengakibatkan hentakan dan suara keras dari transmisi, serta dapat berpotensi merusak komponen.

Bambang Supriyadi Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, ketika memindahkan tuas matik ke P dalam kondisi mobil masih melaju bisa mengakibatkan kerusakan pada transmisi.

“Mobil dalam kondisi bergerak dan tuas transmisi di geser ke posisi P maka bisa mengakibatkan kerusakan gigi, akan timbul suara yang keras biasanya,” ungkap Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Untuk itu, Bambang mengingatkan bahwa perlu diperhatikan dengan betul-betul, apakah mobil sudah berhenti total atau belum sebelum memindahkan tuas matik ke P.

“Seperti ketika sedang mau parkir, itu sebabnya dianjurkan menarik rem tangan terlebih dulu untuk memastikan roda mobil benar-benar berhenti, baru memindahkan tuas matik ke posisi P,” tambahnya.

Hal yang sama dikatakan oleh, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, kebiasaan buruk tersebut bisa mempengaruhi umur transmisi.

Sehingga, bagi pemilik atau pengemudi mobil matik ketika akan memarkirkan kendaraan harus berhenti sebelum pemindahan tuas dari D ke P.

“Dari D bisa dipindahkan ke N untuk menghilangkan torsi dari mesin (posisi kaki menginjak rem), lalu rem tangan dan pindah ke posisi P, sehingga gigi pawl locking tidak terlalu berat karena menahan beban kendaraan,” ungkap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, untuk menghindari keausan pengemudi sebaiknya menarik rem tangan dan lepaskan kaki dari pedal rem, kemudian baru memindahkan tuas dari posisi D ke N terlebih dahulu barulah ke P.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transmisi Matik Bisa Rusak bila Pindah ke P Sebelum Mobil Berhenti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/02/164100315/transmisi-matik-bisa-rusak-bila-pindah-ke-p-sebelum-mobil-berhenti.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm