Ilustrasi mayones atau mayonais.
Ilustrasi mayones atau mayonais. ( SHUTTERSTOCK/mama_mia)

Berikut Ini 7 Cara Membuat Mayones ala Rumahan

5 November 2023 07:14 WIB

SonoraBangka.id -  Mayones adalah saus serbaguna untuk camilan gurih sampai hidangan penutup seperti salad buah. Mayones dengan mudah didapatkan di pasar atau swalayan dalam bentuk kemasan, namun kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Siapkan bahan seperti kuning telur, cuka atau jus lemon, dan minyak sayur untuk menghasilkan mayones ala rumahan. Simak cara membuat mayones untuk saus salad buah, dikutip dari laman Thespruceeats, berikut selengkapnya.

1. Pisahkan telur 

Sebelum memulai membuat mayones pisahkan kuning telur dari putih telur. Simpan putih telurnya untuk masakan atau kue lain.

2. Tambahkan cuka atau perasan lemon

Pertama, kocok kuning telur dalam mangkuk kaca hingga halus dan lembut. Mangkuk stainless juga bisa digunakan, tetapi hindari bahan alumunium karena bahan asam seperti cuka dan air lemon akan bereaksi pada logam dan memberi rasa metalik pada mayones.

Setelah mengocok kuning telur, tambahkan beberapa tetes cuka atau air perasan lemon. Asam membantu menstabilkan emulsi dengan membiarkan kuning telur menyerap lebih banyak lemak, sehingga lebih mudah membuat mayones.

3. Kocok dengan minyak

Membuat mayones klasik dapat menggunakan minyak sayur atau minyak canola untuk hasil terbaik. Jika ingin mayones memiliki beberapa rasa berbeda, dapat memakai minyak alpukat, minyak zaitun, atau minyak kenari.

Tambahkan sedikit minyak hanya beberapa tetes pada adonan mayones dan kocok sekuat tenaga. Jika minyak sudah meresap, kamu bisa menambahkan minyak lagi. Terus aduk adonan dengan kuat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm