Menkominfo Budi Arie Setiadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/10/2023)
Menkominfo Budi Arie Setiadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/10/2023) ( KOMPAS.com)

Soal Rencana TikTok Ingin Buka "E-commerce", Ini Respons Kominfo

6 November 2023 17:46 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi merespons soal rencana TikTok yang memberikan sinyal keras ingin membuka layanan dagangnya, yakni TikTok e-commerce.

Budi Arie menyatakan, Indonesia memiliki peraturan yang berlaku mengenai usaha digital. Oleh sebab itu, kata dia, jika TikTok memang ingin membuka layanan e-commerce harus mengurus izin perusahaan entitas baru sebagai e-commerce.

“Kita ini Indonesia ini kan membuka kesempatan kepada siapa pun untuk berusaha selama mengikuti peraturan dan perundangan yang berlaku. Bahwa TikTok Shop ingin berbisnis (sebagai) e-commerce di Indonesia, ya kita persilakan asal terjadi pemisahan platform," ujarnya dalam siaran persnya, dikutip Senin (6/11/2023).

"Kalau dia sosial media, ya sosial media. Kalau dia e-commerce, ya e-commerce atau entitasnya atau apapun yang masih harus sesuai dengan aturan kita,” sambungnya.

Menurut Menkominfo, masa depan e-commerce dalam menumbuhkan ekonomi digital merupakan suatu keniscayaan.

Oleh karena itu, pemerintah tidak melarang setiap pelaku industri membuka peluang usaha dengan syarat mematuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

“Tugas kita pemerintah bukan melarang, tapi mengatur, menata supaya sehat. Supaya kita enggak berpihak pada satu pihak, pokoknya siapa pun kalian berkompetisi saja secara sehat. Nah, kalau ada dari platform atau mau berbisnis di e-commerce, dia harus kerja sama atau menyesuaikan diri, entitas sendiri supaya jangan ada monopoli karena kita kan level of playing field-nya harus sama,” jelas Budi Arie.

Sebelumnya, sinyal TikTok ingin membuka layanan bisnisnya yakni TikTok e-commerce semakin kencang menyusul rencana Chief Executive Officer (CEO) TikTok Shou Zi Chew akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

Hal itu juga diperkuat dengan dibukanya lowongan kerja untuk posisi e-commerce, seperti Business Communication Expert, Logistic Operations, Campaign & Community Lead Fashion (e-commerce), dan Regional Special Project TikTok Shop Shopping Center (e-commerce).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Rencana TikTok Ingin Buka "E-commerce", Ini Respons Kominfo", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/11/06/095000126/soal-rencana-tiktok-ingin-buka-e-commerce-ini-respons-kominfo?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm