Gimik subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Gimik tersebut diberikan sama saja dengan potongan harga atau diskon. Pasalnya, regulasi insentif motor listrik belum resmi dikeluarkan pemerintah.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Gimik subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Gimik tersebut diberikan sama saja dengan potongan harga atau diskon. Pasalnya, regulasi insentif motor listrik belum resmi dikeluarkan pemerintah.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Moeldoko Heran Untuk Penyerapan Subsidi Motor Listrik Masih Sedikit

6 November 2023 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengaku heran dengan rendahnya penyerapan program subsidi pembelian sepeda motor listrik berbasis baterai senilai Rp 7 juta di Tanah Air.

Padahal syarat penerima bantuan tersebut sudah dimudahkan yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) seperti tertuang dalam Peraturan Kementerian Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023.

"Agak aneh ya, kenapa agak sulit berkembangnya, pertumbuhannya. Agak aneh ini," ujar Moeldoko, Senin (6/11/2023).

Sebelumnya, perysaratan mendapatkan subsidi motor listrik cuma masyarakat penerima KUR, penerima bantuan upah kerja di bawah Rp 3,5 juta, pengguna listrik di bawah 900 VA, dan penerima bantuan sosial (bansos).

Setelah dievaluasi, pemerintah memutuskan syarat-syarat di atas dihilangkan. Kini, 1 KTP bisa mendapatkan 1 unit motor listrik subsidi Rp 7 juta.

"Persyaratan sudah dihilangkan ya sebenarnya. Mungkin di antaranya antara eksositem yang belum terbangun masif, ini kan sama dengan ayam dan telur," kata Moeldoko.

Meski demikian, Moeldoko memastikan bahwa program subsidi motor listrik akan tetap berlanjut di tahun depan. Sehingga diharapkan penyerapannya semakin membaik.

Berdasarkan data Sisapira.id atau Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua, tercatat baru 8.544 unit dari target 200.000 unit hingga akhir 2023.

Data tersebut merupakan akumulasi hingga 25 Oktober 2023, dengan jumlah yang melakukan proses pendaftaran sebanyak 5.414 pemohon.

Kemudian 1.712 pemohon sudah terverifikasi dan sisanya telah tersalurkan yakni 1.418 pemohon. Maka, kuota yang tersisa masih 191.456 unit

Mengenai kondisi ini, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (ILMATAP) Kementerian Perindustrian R. Hendro Martono mengatakan, sebenarnya penyerapan subsidi motor listrik mulai naik.

"Kita perhatikan dalam satu hari itu ada 150 pendaftar (pemohon). Sudah positif sejak syarat dimudahkan jadi 1 NIK 1 motor," ujar dia saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Rabu (25/10/2023).

"Kalau belum habis, masih ada tahun depan. Mudah-mudahan tahun depan bisa meningkatkan penyerapannya," kata Hendro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Moeldoko Heran Penyerapan Subsidi Motor Listrik Masih Sedikit", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/06/154100215/moeldoko-heran-penyerapan-subsidi-motor-listrik-masih-sedikit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm