Sobek kecil pada bagian samping ban atau side wall(Kompas.com/Donny)
Sobek kecil pada bagian samping ban atau side wall(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Ban Mobil Sobek Kecil di Samping, Apakah Masih Aman Untuk Dipakai?

8 November 2023 16:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban merupakan salah satu komponen yang vital pada mobil. Jika mengalami kerusakan, sebaiknya langsung diganti. Lalu, bagaimana jika hanya ada sobek kecil pada bagian samping atau sidewall?

Sebagian orang ada yang mengalami hal ini. Kemudian, menjadi khawatir ban mobil tersebut akan mengalami kebocoran atau bahkan meledak ketika dipakai melaju dalam kecepatan tinggi.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal, mengatakan, jika ban yang mengalami sobek kecil tersebut tidak mengalami kebocoran, maka masih tergolong aman.

"Hanya tergores tipis, tapi kalau kempis atau ada kebocoran, sudah tidak aman," ujar Zulpata, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Tidak masalah, cord atau ply atau benang ban kan masih utuh, tidak terjadi putus, yang penting tidak bocor saja," kata Zulpata.

Zulpata menambahkan, untuk dipakai melaju di jalan tol dengan kecepatan yang tinggi, tidak masalah jika tekanan dinaikkan 1-3 psi. Tujuannya, agar ban tidak terlalu banyak mengalami defleksi.

Tapi, jika memang pengemudi merasa tidak nyaman, sebaiknya diganti dengan yang baru. Sehingga, saat berkendara bisa lebih fokus dengan kondisi jalanan yang ada di sekitar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ban Mobil Sobek Kecil di Samping, Apakah Masih Aman Dipakai?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/08/074200515/ban-mobil-sobek-kecil-di-samping-apakah-masih-aman-dipakai-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm