Ilustrasi tapai singkong atau tape.
Ilustrasi tapai singkong atau tape. ( Dok. Shutterstock/Faiz Dila)

Bisa untuk Isian Es Campur, Berikut 5 Cara Olah dan Simpan Tapai

8 November 2023 20:44 WIB

SonoraBangka.id - Tapai merupakan makanan yang dibuat melalui proses fermentasi, bahan utamanya bisa singkong atau beras ketan. Kali ini kita akan membahas tapai singkong yang dapat diolah menjadi bahan utama cake, camilan, dan campuran minuman seperti es campur.

Tapai singkong yang akan dibuat hidangan penutup, pilih tapai dengan tekstur lembut agar mudah tercampur pada adonan cake. Simak cara olah dan simpan tapai untuk isian es campur, dikutip dari majalah "Sedap / ED 11 NOV 2018" (2018) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Buang tulang yang tengah

Tapai singkong yang digunakan untuk membuat kue sebaiknya dibuang dahulu tulang di bagian tengahnya, lalu diblender halus agar seratnya tidak mengganggu tekstur kue.

2. Memiliki aroma khas

Tapai singkong memberikan rasa dan aroma yang khas pada aneka hidangan.

3. Pakai tekstur yang lembut

Jika menggunakan tapai untuk cake, pilih tapai dengan tekstur lembut, manis, dan sesuai takaran. Apabila menggunakan tapai yang keras akan menyulitkan proses pengadukan pada adonan sebab kandungan airnya sedikit.

4. Simpan dalam lemari es

Cara menyimpan tapai di dalam wadah tertutup rapat pada lemari es.

5. Jangan simpan terlalu lama

Tapai singkong yang sudah banyak mengeluarkan alkohol karena lama disimpan akan memiliki rasa pahit dan tidak enak dikonsumsi. Sebaiknya jangan terlalu lama menyimpan tapai agar rasanya tidak pahit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Olah dan Simpan Tapai, Bisa untuk Isian Es Campur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/23/220300175/5-cara-olah-dan-simpan-tapai-bisa-untuk-isian-es-campur.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm